14 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh – Buah yang satu ini biasanya kita menikmatinya saat dibuatkan menjadi jus alpukat. Dan ternyata alpukat memiliki manfaat yang sangat penting sekali untuk kesehatan tubuh kita.

Kalau selama ini kita sering menikmati jus alpukat dan rasanya begitu nikmat, namun tidak banyak orang yang menyadari kalau alpukat memiliki manfaat untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya, dan juga bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh.

14 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Dan Khasiat Buah Alpukat

Manfaat dan khasiat buah alpukat ini tergolong sangat bervariasi, mulai dari mencegah penyakit yang sederhana sampai kepada mencegah penyakit yang sangat berbahaya seperti kanker.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai manfaat buah alpukat, ada baiknya kita perlu untuk mengetahui berbagai kandungan gizi yang terkandung dalam alpukat.

Kandungan Gizi Pada Alpukat

Berikut ini saya akan membahas apa saja kandungan gizi yang terdapat atau terkandung dalam buah alpukat.

Alpukat Mengandung Vitamin dan Mineral

Karena alpukat memiliki kandugnan kalium. Dan kandungan kalium pada alpukat lebih besar dari pada yang terdapat pada pisang.

Selain itu, buah alpukat juga kaya akan vitamin K, vitamin B9, vitamin B6, vitamin B5 vitamin C, dan vitamin E.2

Alpukat Mengandung Lemak sehat

Perlu di ingat, tidak semua lemak itu berbahaya, karena lemak yang terkandung dalam buah alpukat adalah lemak baik. Porsinya mencapai sekitar tiga perempat dari jumlah kalori dalam buah alpukat.Ini artinya kandungan lemak dalam buah alpukat cukup tinggi. Tetapi kandungan lemaknya adalah lemak tak jenuh tunggal, dalam bentuk asam oleat.Lemak tak jenuh tunggal ini dianggap sebagai lemak baik, yang tentu dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah, dan menurunkan resiko stroke dan jantung disease.

Manfaat Buah Alpukat

Alpukat Mengandung Protein

Setiap buah alpukat memiliki sekitar 4 gram protein.

Alpukat Mengandung Gula

Gula yang terkandung dalam buah alpukat nilainya cukup kecil. Sebelah buah alpukat terdiri dari 0,2 gram gula, jadi tidak berbahaya untuk orang yang khawatir akan penyakit gula darah.

Alpukat Mengandung Serat

Dalam buah alpukat yang berukuran sedang, terkandung 11 gram serat, dan itu artinya hampir setengah dari serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh ada pada alpukat.

baca juga : 12 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

14 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

Baiklah, sekarang saatnya kita akan membahas satu per satu apa saja manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh manusia.

  1. Manfaat Alpukat Untuk Diabetes
    Diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya, terutama karena perkembangan makanan sehat yang sudah semakin sulit kita dapatkan.Jika teman-teman sering merasa lapar, haus, sering kencing, berat badan turun drastis, anda patut memeriksanya ke dokter, karena itu merupakan indikasi dari diabetes. Menjaga asupan kolesterol ini akan sangat membantu mengurangi resiko terjadinya diabetes.
  2. Manfaat Alpukat Untuk Menjaga kesehatan kardiovaskular
    Penelitian telah menunjukan bahwa konsumsi omega-6 merupakan faktor yang terpenting dalam mencegah kardiovaskular.Itulah kenapa disarankan supaya harus menurunkan asupan terhadap lemak tak jenuh ganda, dan yang perlu untuk di tingkatkan adalah jumlah asam lemak tak jenuh tunggal, dalam makanan yang kita konsumsi.Buah alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki sumber asam oleat tak jenuh tunggal, dan telah teruji dalam sejumlah penelitian, dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) serta dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam darah.
  3. Manfaat Alpukat Untuk Menurunkan Berat Badan
    Tentu banyak sekali orang yang akan terkejut bila mendengar bahwa makanan tinggi lemak dan kalori ini, dianggap baik dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan.Namun penelitian telah membuktikan bahwa asam lemak tak jenuh tunggal sangat baik digunakan sebagai pembakaran energi dan tidak disimpan sebagai lemak dalam tubuh.Pembakaran energi yang lambat akan membuat perut kita tetap terasa kenyang. Perasaan kenyang inilah yang membuat kita tidak cepat merasa lapar.Dan itu artinya sangat bermanfaat untuk mengurangi nafsu makan kita, terutama bagi teman-teman yang sedang menjalankan program diet.
  4. Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Dan kecantikan kulit
    Alpukat juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit, serta membantu mencerahkan kulit agar kulit tetap terlihat sehat alami. Alpukat juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput, dan juga tanda-tanda lain dari penuaan dini.Kandungan vitamin E, dan karotenoid antioksidan, pada alpukat akan membantu menjaga kulit terhadap penuaan dari paparan sinar matahari.Vitamin C dalam alpukat, juga terlibat dalam penciptaan elastin dan kolagen, sangat bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit agar tetap kencang. Berikut ini adalah cara memanfaatkan alpukat untuk kesehatan kulit.Cara Pertama – Penggunaan Alpukat Untuk Kulit ,Lumatkan buah alpukat, balurkan pada wajah dan tangan. Biarkan hingga kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Cara ini akan efektif untuk mencegah keriput dan menghaluskan kulit.Cara Kedua – Penggunaan Alpukat Untuk Kulit,Haluskan setengah buah alpukat matang, kemudian campurkan dengan kuning telur satu butir, dan setengah cangkir susu.Setelah dicampur merata, gunakan sebagai toner untuk pembersih kulit, sesuai dengan kebutuhan baik kulit wajah atau bagian kulit lainnya.
  5. Manfaat Alpukat Untuk Penyakit Radang Sendi Dan encok
    Penyakit yang satu ini sering sekali menyerang setiap orang yang sudah mulai memasuki usia lanjut. Osteoarthritis adalah penyakit yang mengakibatkan peradangan sendi dan rasa nyeri yang hebat.Buah alpukat memiliki zat anti-inflamasi yang merupakan salah satu zat dari beberapa makanan yang dapat mengurangi rasa sakit pada rematik.Kita sudah tahu bahwa alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal. Pitosterol dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C dan berbagai zat karotenoid yang akan bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang dapat mengarah kepada penyakit arthritis.
  6. Manfaat Alpukat Untuk Mencegah Kanker
    Alpukat kaya akan fitokimia. Dari penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan dapat membantu mencegah perkembangan kanker tertentu.Para ilmuwan yang telah meneliti karakteristik kemopreventif alpukat, mereka menyimpulkan bahwa phytochemical dalam buah alpukat merupakan strategi diet yang sangat baik dalam pencegahan kanker.”
  7. Manfaat Alpukat Untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi
    Hal ini akan sangat membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh kita.
  8. Manfaat Alpukat Untuk Mengurangi Resiko Stroke
    Kandungan asam folat yang terdapat pada alpukat, bermanfaat untuk melindungi dan mencegah penyakit stroke.Dari penelitian yang dilakukan, terbukti bahwa orang yang lebih banyak mengkonsumsi asupan kaya folat akan memiliki resiko terserang stroke lebih rendah, dari orang yang kekurangan folat.
  9. Manfaat Alpukat Untuk Membuang Radikal Bebas
    Manfaat dari antioksidan di dalam tubuh manusia adalah, untuk membuang radikal bebas. Radikal bebas ini dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk kanker.Buah alpukat merupakan salah satu sumber antioksidan, dan tentu ini sangat baik untuk tubuh kita. Dalam hal ini untuk mengeluarkan racun melalui keringat atau saat kita buang air kecil.
  10. Manfaat Alpukat Untuk Membantu Kesehatan Mata
    Sumber lutein karotenoid pada buah alpukat, bermanfaat untuk membantu melindungi kesehatan mata kita. Apalagi disaat bertambahnya usia, maka akan terjadi degenerasi makula dan juga katarak.
  11. Manfaat Alpukat Untuk Mencegah Cacat Lahir
    Alpukat kaya akan folat, vitamin B merupakan salah satu vitamin yang dikenal sebagai asam folat. Dalam satu buah alpukat mampu memenuhi sekitar 23% dari nilai harian yang dianjurkan.Begitu tingginya jumlah folat dalam alpukat akan sangat berguna dan bermanfaat dalam pencegahan cacat lahir, seperti cacat tabung saraf dan spina bifida.
  12. Manfaat Alpukat Untuk Anti Inflamasi
    Telah terbukti dalam berbagai penelitian pada dunia medis, kemampuan alpukat dalam membantu mencegah terjadinya peradangan yang tidak diinginkan benar-benar tidak perlu diragukan lagi.Buah alpukat dapat di kategorikan sebagai buah dengan istilah “anti-inflamasi”. Berikut ini adalah nutrisi anti-inflamasi Alpukat, yang diketegorikan kedalam lima kategori dasar:Asam lemak omega-3, dalam bentuk asam alpha-linolenic (sekitar 160 miligram per cangkir irisan alpukat)Antioksidan lainnya (non-karotenoid), termasuk flavonoid epicatechin dan epigallocatechin-gallate 3-0, vitamin C dan E, dan mineral mangan, selenium, dan seng Pitosterol, termasuk beta-sitosterol, stigmasterol, dan campesterol
  13. Manfaat Alpukat Untuk Rambut
    Alpukat juga merupakan salah satu buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Dan untuk hal yang satu ini telah banyak digunakan di berbagai negara di dunia.Salah satu negara pelopornya adalah penduduk mesir kuno. Dimana pada zaman itu alpukat telah digunakan untuk melakukan creambath.Manfaat creambath dengan buah alpukat sendiri yaitu, untuk membantu menghitamkan rambut, dan membuat rambut terlihat sehat dan berkilau.Berikut ini adalah cara penggunaannya:Siapkan 1 buah alpukat matang,Jus atau haluskan alpukat tersebut tanpa campuaran apa pun,Pakaikan alpukat pada rambut,Biarkan kurang lebih 15 menit,Setelah itu bilas sampai bersih.Bila dilakukan secara teratur, maka hasilnya akan terlihat begitu nyata dalam beberapa minggu setelah itu.
  14. Manfaat Alpukat Lainnya Bagi Tubuh
    Manfaat buah alpukat ini sangat perlu untuk kita ketahui. Kenapa?. Hal ini selain akan menambah wawasan kita, juga akan mengubah cara berpikir kita yang salah selama ini tentang manfaat buah alpukat.Bila alpukat dicampurkan dengan madu, maka manfaat madu dan juga manfaat buah alpukat, akan memberi daya tahan tubuh yang ekstra. Dengan demikian kita akan semakin fit dalam melakukan berbagai aktivitas, dan tubuh akan tetap terasa segar.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

Hal terpenting adalah kita dapat memanfaatkan alpukat untuk kesehatan tubuh. Oleh sebab itu alangkah baiknya kita mulai membiasakan diri untuk mengkonsumsi alpukat secara teratur, demi untuk menjaga kesehatan tubuh kita. itulah 14 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman semuanya.

Leave a Reply


www.latahza.com adalah situs informasi manfaat penting buah , sayur , daun , tumbuhan ,bagi kesehatan . kami akan memberikan informasi diberbagai kota Seperti di Aceh Barat | di Aceh Barat Daya | di Aceh Besar | di Aceh Jaya | di Aceh Selatan | di Aceh Singkil | di Aceh Tamiang | di Aceh Tengah | di Aceh Tenggara | di Aceh Timur | di Aceh Utara | di Agam | di Alor | di Asahan | di Asmat | di Badung | di Balangan | di Bandung | di Bandung Barat | di Banggai | di Banggai Kepulauan | di Banggai Laut | di Bangka | di Bangka Barat | di Bangka Selatan | di Bangka Tengah | di Bangkalan | di Bangli | di Banjar | di Banjarnegara | di Bantaeng | di Bantul | di Banyuasin | di Banyumas | di Banyuwangi | di Barito Kuala | di Barito Selatan | di Barito Timur | di Barito Utara | di Barru | di Batang | di Batanghari | di Batubara | di Bekasi | di Belitung | di Belitung Timur | di Belu | di Bener Meriah | di Bengkalis | di Bengkayang | di Bengkulu Selatan | di Bengkulu Tengah | di Bengkulu Utara | di Berau | di Biak Numfor | di Bima | di Bintan | di Bireuen | di Blitar | di Blora | di Boalemo | di Bogor | di Bojonegoro | di Bolaang Mongondow | di Bolaang Mongondow Selatan | di Bolaang Mongondow Timur | di Bolaang Mongondow Utara | di Bombana | di Bondowoso | di Bone | di Bone Bolango | di Boven Digoel | di Boyolali | di Brebes | di Buleleng | di Bulukumba | di Bulungan | di Bungo | di Buol | di Buru | di Buru Selatan | di Buton | di Buton Selatan | di Buton Tengah | di Buton Utara | di Ciamis | di Cianjur | di Cilacap | di Cirebon | di Dairi | di Deiyai | di Deli Serdang | di Demak | di Dharmasraya | di Dogiyai | di Dompu | di Donggala | di Empat Lawang | di Ende | di Enrekang | di Fakfak | di Flores Timur | di Garut | di Gayo Lues | di Gianyar | di Gorontalo | di Gorontalo Utara | di Gowa | di Gresik | di Grobogan | di Gunung Mas | di Gunungkidul | di Halmahera Barat | di Halmahera Selatan | di Halmahera Tengah | di Halmahera Timur | di Halmahera Utara | di Hulu Sungai Selatan | di Hulu Sungai Tengah | di Hulu Sungai Utara | di Humbang Hasundutan | di Indragiri Hilir | di Indragiri Hulu | di Indramayu | di Intan Jaya | di Jayapura | di Jayawijaya | di Jember | di Jembrana | di Jeneponto | di Jepara | di Jombang | di Kaimana | di Kampar | di Kapuas | di Kapuas Hulu | di Karanganyar | di Karangasem | di Karawang | di Karimun | di Karo | di Katingan | di Kaur | di Kayong Utara | di Kebumen | di Kediri | di Keerom | di Kendal | di Kepahiang | di Kepulauan Anambas | di Kepulauan Aru | di Kepulauan Mentawai | di Kepulauan Meranti | di Kepulauan Sangihe | di Kepulauan Selayar | di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro | di Kepulauan Sula | di Kepulauan Talaud | di Kepulauan Yapen | di Kerinci | di Ketapang | di Klaten | di Klungkung | di Kolaka | di Kolaka Timur | di Kolaka Utara | di Konawe | di Konawe Kepulauan | di Konawe Selatan | di Konawe Utara | di Kotabaru | di Kotawaringin Barat | di Kotawaringin Timur | di Kuantan Singingi | di Kubu Raya | di Kudus | di Kulon Progo | di Kuningan | di Kupang | di Kutai Barat | di Kutai Kartanegara | di Kutai Timur | di Labuhanbatu | di Labuhanbatu Selatan | di Labuhanbatu Utara | di Lahat | di Lamandau | di Lamongan | di Lampung Barat | di Lampung Selatan | di Lampung Tengah | di Lampung Timur | di Lampung Utara | di Landak | di Langkat | di Lanny Jaya | di Lebak | di Lebong | di Lembata | di Lima Puluh Kota | di Lingga | di Lombok Barat | di Lombok Tengah | di Lombok Timur | di Lombok Utara | di Lumajang | di Luwu | di Luwu Timur | di Luwu Utara | di Madiun | di Magelang | di Magetan | di Mahakam Ulu | di Majalengka | di Majene | di Malaka | di Malang | di Malinau | di Maluku Barat Daya | di Maluku Tengah | di Maluku Tenggara | di Maluku Tenggara Barat | di Mamasa | di Mamberamo Raya | di Mamberamo Tengah | di Mamuju | di Mamuju Tengah | di Mamuju Utara | di Mandailing Natal | di Manggarai | di Manggarai Barat | di Manggarai Timur | di Manokwari | di Manokwari Selatan | di Mappi | di Maros | di Maybrat | di Melawi | di Mempawah | di Merangin | di Merauke | di Mesuji | di Mimika | di Minahasa | di Minahasa Selatan | di Minahasa Tenggara | di Minahasa Utara | di Mojokerto | di Morowali | di Morowali Utara | di Muara Enim | di Muaro Jambi | di Mukomuko | di Muna | di Muna Barat | di Murung Raya | di Musi Banyuasin | di Musi Rawas | di Musi Rawas Utara | di Nabire | di Nagan Raya | di Nagekeo | di Natuna | di Nduga | di Ngada | di Nganjuk | di Ngawi | di Nias | di Nias Barat | di Nias Selatan | di Nias Utara | di Nunukan | di Ogan Ilir | di Ogan Komering Ilir | di Ogan Komering Ulu | di Ogan Komering Ulu Selatan | di Ogan Komering Ulu Timur | di Pacitan | di Padang Lawas | di Padang Lawas Utara | di Padang Pariaman | di Pakpak Bharat | di Pamekasan | di Pandeglang | di Pangandaran | di Pangkajene dan Kepulauan | di Paniai | di Parigi Moutong | di Pasaman | di Pasaman Barat | di Paser | di Pasuruan | di Pati | di Pegunungan Arfak | di Pegunungan Bintang | di Pekalongan | di Pelalawan | di Pemalang | di Penajam Paser Utara | di Penukal Abab Lematang Ilir | di Pesawaran | di Pesisir Barat | di Pesisir Selatan | di Pidie | di Pidie Jaya | di Pinrang | di Pohuwato | di Polewali Mandar | di Ponorogo | di Poso | di Pringsewu | di Probolinggo | di Pulang Pisau | di Pulau Morotai | di Pulau Taliabu | di Puncak | di Puncak Jaya | di Purbalingga | di Purwakarta | di Purworejo | di Raja Ampat | di Rejang Lebong | di Rembang | di Rokan Hilir | di Rokan Hulu | di Rote Ndao | di Sabu Raijua | di Sambas | di Samosir | di Sampang | di Sanggau | di Sarmi | di Sarolangun | di Sekadau | di Seluma | di Semarang | di Seram Bagian Barat | di Seram Bagian Timur | di Serang | di Serdang Bedagai | di Seruyan | di Siak | di Sidenreng Rappang | di Sidoarjo | di Sigi | di Sijunjung | di Sikka | di Simalungun | di Simeulue | di Sinjai | di Sintang | di Situbondo | di Sleman | di Solok | di Solok Selatan | di Soppeng | di Sorong | di Sorong Selatan | di Sragen | di Subang | di Sukabumi | di Sukamara | di Sukoharjo | di Sumba Barat | di Sumba Barat Daya | di Sumba Tengah | di Sumba Timur | di Sumbawa | di Sumbawa Barat | di Sumedang | di Sumenep | di Supiori | di Tabalong | di Tabanan | di Takalar | di Tambrauw | di Tana Tidung | di Tana Toraja | di Tanah Bumbu | di Tanah Datar | di Tanah Laut | di Tangerang | di Tanggamus | di Tanjung Jabung Barat | di Tanjung Jabung Timur | di Tapanuli Selatan | di Tapanuli Tengah | di Tapanuli Utara | di Tapin | di Tasikmalaya | di Tebo | di Tegal | di Teluk Bintuni | di Teluk Wondama | di Temanggung | di Timor Tengah Selatan | di Timor Tengah Utara | di Toba Samosir | di Tojo Una-Una | di Tolikara | di Toli-Toli | di Toraja Utara | di Trenggalek | di Tuban | di Tulang Bawang | di Tulang Bawang Barat | di Tulungagung | di Wajo | di Wakatobi | di Waropen | di Way Kanan | di Wonogiri | di Wonosobo | di Yahukimo | di Yalimo | di Bali | di Banten | di Bengkulu | di Daerah Istimewa Yogyakarta | di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta | di Gorontalo | di Jakarta Barat | di Jakarta Pusat | di Jakarta Selatan | di Jakarta Timur | di Jakarta Utara | di Jambi | di Jawa Barat (JABAR) | di Jawa Tengah (JATENG) | di Jawa Timur (JATIM) | di Kalimantan Barat (KALBAR) | di Kalimantan Selatan (KALSEL) | di Kalimantan Tengah (KALTENG) | di Kalimantan Timur (KALTIM) | di Kalimantan Utara (KALTARA) | di Kepulauan Bangka Belitung | di Kepulauan Riau (KEPRI) | di Kota Ambon | di Kota Balikpapan | di Kota Banda Aceh | di Kota Bandar Lampung | di Kota Bandung | di Kota Banjar | di Kota Banjarbaru | di Kota Banjarmasin | di Kota Batam | di Kota Batu | di Kota Bau-Bau | di Kota Bekasi | di Kota Bima | di Kota Binjai | di Kota Bitung | di Kota Blitar | di Kota Bogor | di Kota Bontang | di Kota Bukittinggi | di Kota Cilegon | di Kota Cimahi | di Kota Cirebon | di Kota Depok | di Kota Dumai | di Kota Gunungsitoli | di Kota Jambi | di Kota Kediri | di Kota Kendari | di Kota Kotamobagu | di Kota Langsa | di Kota Lhokseumawe | di Kota Lubuklinggau | di Kota Madiun | di Kota Magelang | di Kota Makassar | di Kota Malang | di Kota Manado | di Kota Mataram | di Kota Medan | di Kota Metro | di Kota Mojokerto | di Kota Padang | di Kota Padangpanjang | di Kota Padangsidempuan | di Kota Pagar Alam | di Kota Palembang | di Kota Palopo | di Kota Parepare | di Kota Pariaman | di Kota Pasuruan | di Kota Payakumbuh | di Kota Pekalongan | di Kota Pekanbaru | di Kota Pematangsiantar | di Kota Pontianak | di Kota Prabumulih | di Kota Probolinggo | di Kota Sabang | di Kota Salatiga | di Kota Samarinda | di Kota Sawahlunto | di Kota Semarang | di Kota Serang | di Kota Sibolga | di Kota Singkawang | di Kota Solok | di Kota Subulussalam | di Kota Sukabumi | di Kota Sungai Penuh | di Kota Surabaya | di Kota Surakarta | di Kota Tangerang | di Kota Tangerang Selatan | di Kota Tanjung Pinang | di Kota Tanjungbalai | di Kota Tasikmalaya | di Kota Tebing Tinggi | di Kota Tegal | di Kota Ternate | di Kota Tidore Kepulauan | di Kota Tomohon | di Kota Tual | di Lampung | di Maluku Utara | di Maluku | di Nusa Tenggara Barat (NTB) | di Nusa Tenggara Timur (NTT) | di Papua Barat | di Papua | di Riau | di Sulawesi Barat (SULBAR) | di Sulawesi Selatan (SULSEL) | di Sulawesi Tengah (SULTENG) | di Sulawesi Tenggara (SULTRA) | di Sulawesi Utara (SULUT) | di Sumatera Barat (SUMBAR) | di Sumatera Selatan (SUMSEL) | di Sumatera Utara (SUMUT)