10 Khasiat Manfaat Daun Kelor dan Fakta Uniknya

Apa manfaat daun kelor? Daun kelor adalah pohon ke ajaiban atau di dunia medis di sebut sebagai the miracle tree ini kita bisa memanfaatkan dari daun kelornya sampai cabang batang mudanya tentu saja memiliki sangat banyak sekali khasiatnya daun kelor ini.

Sebelum kita bahas manfaat daun kelor mari kita mengetahui apa saja kandungan dari daun kelor ini. Karena tidak banyak dari kita yang mengetahui isi kanndungan dari daun kelor ini dan manfaat dari daun kelor.

Khasiat Manfaat Daun Kelor dan Fakta Uniknya

manfaat daun kelor

manfaat daun kelor

Apa saja kandungan dari daun kelor?

Daun kelor mengandung banyak polyphenol yang memiliki fungsi sebagai antioksidan yang berkhasiat meningkatkan daya tahan kekebalan tubuh untuk meningkatkan imun tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit.

Isi kandungan dari setiap daun kelor adalah:

  • Argine
  • Histidine
  • Isoleucine
  • Luesine
  • Lysine
  • Methionine
  • Phenylalinine
  • Threonine
  • Tryptophan
  • Valine

Kandungan daun kelor diatas menunjukan bahwa daun kelor sangat aman di konsumsi setiap hari dan daun kelor di akui oleh dunia medis sebagai pengobatan alami yang aman di konsumsi.

Perbandingan kesetaraan nutrisi dari daun kelor

Untuk perbandingan nutrisi dari daun kelor dengan buah buahan ataupun susu dan sayur sayuran yang lain pada umunya kelor memiliki kesetaraan yang lebih unggul. Baik berupa daun kelor yang masih segar ataupun daun kelor yang sudah di keloloh menjadi teh daun kelor ataupun serbuk daun kelor.

Berikut ini mari kita lihat perbandingan daun kelor yang bersumber dari “Balbir S. Mathur, these leaves could save millionsof lives.”adalah:

manfaat daun kelor

  • Manfaat daun kelor yang masih segar memiliki kandungan Vitamin C 7 (tujuh) kali lebih besar dari kandungan Vitamin C yang berada di jeruk segar. Sedangkan Daun kelor yang sudah di keringkan atau sudah menjadi teh daun kelor atau serbuk daun kelor akan setara dengan ½ Vitamin C yang ada di dalam jeruk.
  • Daun kelor yang masih segar memiliki kandungan 4 kali lebih besar kandungan Vitamin A nya dari pada Kandungan Vitamin A yang terdapat wortel sedangankan untuk daun kelor yang sudah di keringkan akan 10 kali lebih besar Vitamin A nya ketimbang wortel
  • Untuk kalsium daun kelor yang masih segar memiliki 4 kali lebih besar di bandingkan kalsium dalam susu sedangkan kesetaraan kalsium yang terdapat pada daun kelor yang di keringkan akan 17 kali lebih besar dari pada susu.
  • Untuk kesetaraan kalium yang terdapat pada daun kelor yang masih segar lebih besar 3 kali dari pada kalium yang terdapat pada buah pisang dan untuk kesetaraan kandungan kalium yang terdapat pada daun kelor yang sudah di keringkan akan 15 lebih besar dari pada kalium yang terdapat pada pisang
  • Pada kesetaraan daun kelor yang masih segar terdapat 2 kali lipat kandungan protein lebih besar dari pada kandungan protein yang terdapat pada yogurt sedangkan untuk kesetaraan kandungan protein yang terdapat pada daun kelor yang di keringkan akan 9 kali lebih besar dibandingan kandungan protein yang ada di dalam yogurt.
  • Untuk kesetaraan zat besi yang terdapat pada daun kelor yang masih segar akan lebih besar ¾ dari pada kandungan zat besi yang terdapat pada sayur bayam sedangkan untuk kesetaraan yang ada di daun kelor yang sudah di keringkan kandunganya 25 lebih besar dari pada kandungan zat besi yang ada didalam sayur bayam.

Dengan informasi diatas sangat di anjurkan bagi anak anak, bayi dan balita yang masih dalam usia pertumbuhan untuk mengkonsumsi daun kelor yang sudah dikelolah berupa sayur bening daun kelor.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan

Sedikit yang tau akan manfaat daun kelor yang mempunyai khasiat untuk kesehatan bahkan sebagai obat herbal penyembuh penyakit yang sudah di akui oleh dunia kedokteran bahkan di teliti oleh para ahli medis tentang kandunganya sejak dari dulu. Maka daun kelor sangatlah aman digunakan untuk sebagai obat herbal. Anda bisa melihat manfaat daun kelor untuk kesehatan sebagai berikut:

Manfaat daun kelor untuk diabetes

Daun kelor yang memiliki kandungan akan tingginya mineral yang membantu untuk memproduksi insulin dan asam chlorogenic dalam daun kelor dapat membantu mengatur mengeluarkan dan menahan sel glukosa dalam tubuh.

Sedangankan kandungan lain dari daun kelor untuk obat diabetes adalah isothiocinate yang di percaya sebagai pembentuk imun tubuh untuk melawan penyakit diabetes.

Cara mengolah daun kelor untuk obat diabetes adalah dengan memasaknya menjadi sayur bening daun kelor atau dengan menjadikannya teh daun kelor.

Manfaat daun kelor untuk asam urat

Dalam ilmu pengobatan tradisional di indonesia manfaat daun kelor untuk asam urat sudah di percaya orang indonesia sejak dulu menjadi obat untuk meyembuhkan penyakit asam urat yang alami.

untuk isi kandungan dari daun kelor sebagai obat asam urat alami adalah alkaloid, kholkisin dan flovonoid senyawa aktif yang membantu untuk mencegah terbentuknya asam urat dan mencegah pembengkakan pada persendian.

Berikut ini adalah cara mengolah daun kelor untuk obat asam urat adalah dengan memasak daun kelor menjadi sayur daun kelor atau merebus daun kelor kering untuk di jadikan teh daun kelor.

Manfaat daun kelor untuk jantung

Manfaat daun kelor adalah untuk obat jantung koroner paling ampuh karena memiliki kaya akan kandungan atenolol daun kelor mampu menurun kan kolesterol jahat LDL yang menjadi faktor utama tertimbunya flek pada pembulu darah sehingga menjadi tertutupnya aliran darah ke pembulu darah.

Daun kelor memiliki kandungan Vitamin, Fosfor, kalsium, kalium, zat besi dan 40an lebih antioksidan yang jauh lebih tinggi dari buah buahan dan sayur sayuran lain sebagai anti-inflamasi yang baik dan juga bisa mengatasi pecahnya dinding pembulu darah akibat tekanan darah tinggi.

Cara mengolah daun kelor untuk menjadi obat jantung koroner paling ampuh adalah dengan merebus daun kelor yang sudah dikeringkan sebelumnya dan meminum air rebusanya secara rutin dan rasakan manfaat rebusan daun kelor.

Manfaat daun kelor bagi kecantikan

Daun kelor yang mempunyai nama latin morringa oliefera adalah daun yang berasal dari suku morringaceae Amrika latin ini mempunyai nama yang berbeda beda di setiap daerah di ndonesia di jawa, bali, sunda menyebutnya kelor untuk di lampung daun ini di sebut kilor sedangkan untuk di aceh, minangkabau dan mungai daun ini di sebut murong, orang buru menyebutnya kerol, orang madura menyebutnya marangghi, orang flores menyebutnya moltong, orang gorontalo, ternate dan tidore menyebutnya kelo, orang bugis menyebutnya kloro, kawano untuk sumba, ongge untuk orang bima dan untuk orang timor menyebut daun ini hau fo.

Daun kelor bukan hanya terkenal sebagai obat herbal dan masakan sayur bening yang nikmat akan tetapi daun kelor bermanfaat sebagai kecantikan bagi para wanita.

Apa saja kandungan dalam daun kelor untuk kecantikan?

Daun kelor memiliki kandungan Vitamin C, vitamin B6, provitamin A,mineral, protein, nutrisi dan magnesium yang sangat tinggi di bandingkan buah buahan dan sayur sayuran pada umumnya. Sehingga daun kelor banyak yang memanfaatkanya sebagai perawatan kecantikan kulit.

Ada berbagai cara untuk mengelolah daun kelor ini sebagai perawatan kecantikan kulit. Banyak yang menjadikan masker daun kelor untuk jerawat, flek hitam di wajah atau bahkan banyak yang mengunakan sebagai scrup daun kelor untuk perawatan kecantikan tubuh dan juga sebagai cara memutihkan wajah dengan daun kelor ini.

Manfaat daun kelor

Khasiat daun kelor yang memiliki Vitamin C, Vitamin E, Vitamin A, Vitamin K dan sangat tinggi akan mineral sangat bagus untuk kesehatan kulit, perawatan wajah, menghilangkan jerawat dan sebagai cara memutihkan kulit secara alami, untuk melancarkan asi ibu menyusui, menambah kalsium ibu hamil dan bayi.

Fakta unik tentang daun kelor

manfaat daun kelor

Manfaat Daun kelor penangkal ilmu hitam

Di dunia metafisik daaun kelor ini di percaya mempunyai daya penetral magis. Jadi pengaruh gaib dapat di netralkan dari tubuh kita. Maka dari itu para pengilmu gaib biasanya sangat menghidari daun kelor ini karena takut ilmunya bakalan hilang ketika bersentuhan dengan daun ini.

Bahkan daun kelor ini di pakai orang dulu untuk melepaskan ilmu hitam yang sudah melekat di tubuhnya karena ada beberapa ilmu yang akan mengakibatkan susah meninggal jika ilmu hitamnya masih melekat di tubuhnya. Jadi daun kelor ini di gunakan untuk menetralkan ilmu hitam yang ada di dalam tubuh orang dulu.

Di samping itu daun kelor memiliki manfaat lain yang di percaya sebagai penangkal ilmu hitam yang diantaranya santet, guna guna, teluh dan sejenisnya. Pohon kelor yang mempunyai tinggi sekitaran 5 – 12 an meter ini dengan memiliki daun bulat oval kecil ini biasanya di tanam di depan rumah sebagai penangkal barang gaib atau hawa jahat.

Daun kelor untuk menangkal mahkluk halus

Kepercayaan orang dulu bahwasanya pohon kelor sebagai penangkal makhuk halus. Di samping mengusir mahkluk halus daun kelor juga bisa sebagai cara menghalangi santet masuk kerumah. Bahkan di erah yang serba berteknologi canggih ini masih banyak masyarakat di indonesia atau bahkan perusahaan perusahaan besar dengan sengaja menaruh seikat daun kelor di atas pintu atau di atas gedung untuk menolak bala dan ilmu hitam lainya.

Bagaimana anda berminat menanam daun kelor di halaman rumah anda?

Disamping banyaknya manfaat dari daun kelor dari segi kesehatan, kecantikan atau bahkan dalam dunia metafisik daun kelor juga dapat memperindang halaman rumah anda. Banyak yang menyediakan bibit pohon kelor kok bahkan kita bisa beli secara online di Tokopedia. Monggo di download aplikasinya dan di pesan sekarang juga.

Efek samping daun kelor

manfaat daun kelor

manfaat daun kelor

Daun kelor disamping memiliki banyak sekali manfaat daun kelor juga memiliki efek samping tidak boleh kita hiraukan dan pemkaian dosis yang tepat tidak berlebihan. Anda bisa lihat ulasan dari efek samping daun kelor sebagai berikut:

Ganguan fungsi ginjal

Efek samping daun kelor ini sering kita abaikan dengan rasa ingin sembuh yang berlebihan dengan meminum air rebusan daun kelor yang berulang ulang maka akan menghambat fungsi ginjal dalam memproduksi cairan kedalam tubuh. Jadi tips meminum air rebusan daun kelor tidak boleh merbus daun kelor berkali kali usahakan satu kali rebusan daun kelor untuk satu kali konsumsi. Untuk menghindari efek samping dari rebusan daun kelor.

Kerusakan liver

Mengkomsumsi Daun kelor ini juga memiliki efek samping bagi kerusakan liver jika di konsumsi secara berlebihan dan tidak di imbangi dengan mengkonsumsi buah buahan dan sayur sayuran yang mengandung mineral. Dan daun kelor sangat tidak dianjurkan baaagi penderita hepatitis bila dikomsumsi dengan dosis berlebihan dalam arti tidak merebus berulang uang air rebusan daun kelor tidak mengkonsumsi obat herbal extrak daun kelor di luar dosis obat daun kelor. Karena akan merusak jaringan pembulu darah di sekitar hati.

Sakit maag

Efek daun kelor selanjutnya adalah daun kelor tidak di ajurkan bagi penderita maag akut untuk mengkonsumsinya dalam keadaan perut tidak terisi atau berilah jarak 1,5 jam – 2 jam untuk meminum air rebusan daun kelor atau obat herbal extrak daun kelor baik berupa daun serbuk kelor ataupun kapsul daaun kelor.

Mandul, sperma encer atau kegagalan sperma

Efek samping daun kelor bagi pria adalah mengakibatkan kegagalan sperma, seperma encer atau bahkan kemandulan. Untuk tips mengkonsumsi daun kelor baik berupa sayur daun kelor, serbuk daun kelor ataupun obat herbal daun kelor untuk tidak mengkonsumsi secara berlebih atau seperti dosis yang di anjurkan dalam kemasan obat herbal daun kelor untuk mengkonsumsi sayur daun kelor atau air rebusan daun kelor adalah tidak merebusnya berulang ulang karena daun kelor akan mengeluarkan zat yang berbahaya untuk tubuh bahkan dapat menimbulkan penyakit kanker.

Mati rasa atau kelumpuhan

Efek samping daun kelor bila di konsumsi secara berlebihan adalah menyebabkan mati rasa di bagian tubuh tertentu atau bahkan kelumpuhan. Untuk mengkonsumsi daun kelor dalam bentuk serbuk daun kelor atau obat herbar daun kelor dalam jangka panjang akan mengakibatkan melumpuhkan jaringan tubuh yang akan mengakibatkan kelumpuhan.
Demikian ulasan tentang khasiat manfaat daun kelor dan fakta uniknya untuk kesehatan serta kecantikan tubuh. Begitu banyak manfaat daun kelor ini bahkan untuk obat herbal penyembuh berbagai macam penyakit. Dan efek samping daun kelor yang perlu kita perhatikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba dan jangan lupa berdoa yaa karena usaha dalah implementasi dari doa. Wasalamualaikum warohmatullah hiwabarokatu.

Leave a Reply


www.latahza.com adalah situs informasi manfaat penting buah , sayur , daun , tumbuhan ,bagi kesehatan . kami akan memberikan informasi diberbagai kota Seperti di Aceh Barat | di Aceh Barat Daya | di Aceh Besar | di Aceh Jaya | di Aceh Selatan | di Aceh Singkil | di Aceh Tamiang | di Aceh Tengah | di Aceh Tenggara | di Aceh Timur | di Aceh Utara | di Agam | di Alor | di Asahan | di Asmat | di Badung | di Balangan | di Bandung | di Bandung Barat | di Banggai | di Banggai Kepulauan | di Banggai Laut | di Bangka | di Bangka Barat | di Bangka Selatan | di Bangka Tengah | di Bangkalan | di Bangli | di Banjar | di Banjarnegara | di Bantaeng | di Bantul | di Banyuasin | di Banyumas | di Banyuwangi | di Barito Kuala | di Barito Selatan | di Barito Timur | di Barito Utara | di Barru | di Batang | di Batanghari | di Batubara | di Bekasi | di Belitung | di Belitung Timur | di Belu | di Bener Meriah | di Bengkalis | di Bengkayang | di Bengkulu Selatan | di Bengkulu Tengah | di Bengkulu Utara | di Berau | di Biak Numfor | di Bima | di Bintan | di Bireuen | di Blitar | di Blora | di Boalemo | di Bogor | di Bojonegoro | di Bolaang Mongondow | di Bolaang Mongondow Selatan | di Bolaang Mongondow Timur | di Bolaang Mongondow Utara | di Bombana | di Bondowoso | di Bone | di Bone Bolango | di Boven Digoel | di Boyolali | di Brebes | di Buleleng | di Bulukumba | di Bulungan | di Bungo | di Buol | di Buru | di Buru Selatan | di Buton | di Buton Selatan | di Buton Tengah | di Buton Utara | di Ciamis | di Cianjur | di Cilacap | di Cirebon | di Dairi | di Deiyai | di Deli Serdang | di Demak | di Dharmasraya | di Dogiyai | di Dompu | di Donggala | di Empat Lawang | di Ende | di Enrekang | di Fakfak | di Flores Timur | di Garut | di Gayo Lues | di Gianyar | di Gorontalo | di Gorontalo Utara | di Gowa | di Gresik | di Grobogan | di Gunung Mas | di Gunungkidul | di Halmahera Barat | di Halmahera Selatan | di Halmahera Tengah | di Halmahera Timur | di Halmahera Utara | di Hulu Sungai Selatan | di Hulu Sungai Tengah | di Hulu Sungai Utara | di Humbang Hasundutan | di Indragiri Hilir | di Indragiri Hulu | di Indramayu | di Intan Jaya | di Jayapura | di Jayawijaya | di Jember | di Jembrana | di Jeneponto | di Jepara | di Jombang | di Kaimana | di Kampar | di Kapuas | di Kapuas Hulu | di Karanganyar | di Karangasem | di Karawang | di Karimun | di Karo | di Katingan | di Kaur | di Kayong Utara | di Kebumen | di Kediri | di Keerom | di Kendal | di Kepahiang | di Kepulauan Anambas | di Kepulauan Aru | di Kepulauan Mentawai | di Kepulauan Meranti | di Kepulauan Sangihe | di Kepulauan Selayar | di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro | di Kepulauan Sula | di Kepulauan Talaud | di Kepulauan Yapen | di Kerinci | di Ketapang | di Klaten | di Klungkung | di Kolaka | di Kolaka Timur | di Kolaka Utara | di Konawe | di Konawe Kepulauan | di Konawe Selatan | di Konawe Utara | di Kotabaru | di Kotawaringin Barat | di Kotawaringin Timur | di Kuantan Singingi | di Kubu Raya | di Kudus | di Kulon Progo | di Kuningan | di Kupang | di Kutai Barat | di Kutai Kartanegara | di Kutai Timur | di Labuhanbatu | di Labuhanbatu Selatan | di Labuhanbatu Utara | di Lahat | di Lamandau | di Lamongan | di Lampung Barat | di Lampung Selatan | di Lampung Tengah | di Lampung Timur | di Lampung Utara | di Landak | di Langkat | di Lanny Jaya | di Lebak | di Lebong | di Lembata | di Lima Puluh Kota | di Lingga | di Lombok Barat | di Lombok Tengah | di Lombok Timur | di Lombok Utara | di Lumajang | di Luwu | di Luwu Timur | di Luwu Utara | di Madiun | di Magelang | di Magetan | di Mahakam Ulu | di Majalengka | di Majene | di Malaka | di Malang | di Malinau | di Maluku Barat Daya | di Maluku Tengah | di Maluku Tenggara | di Maluku Tenggara Barat | di Mamasa | di Mamberamo Raya | di Mamberamo Tengah | di Mamuju | di Mamuju Tengah | di Mamuju Utara | di Mandailing Natal | di Manggarai | di Manggarai Barat | di Manggarai Timur | di Manokwari | di Manokwari Selatan | di Mappi | di Maros | di Maybrat | di Melawi | di Mempawah | di Merangin | di Merauke | di Mesuji | di Mimika | di Minahasa | di Minahasa Selatan | di Minahasa Tenggara | di Minahasa Utara | di Mojokerto | di Morowali | di Morowali Utara | di Muara Enim | di Muaro Jambi | di Mukomuko | di Muna | di Muna Barat | di Murung Raya | di Musi Banyuasin | di Musi Rawas | di Musi Rawas Utara | di Nabire | di Nagan Raya | di Nagekeo | di Natuna | di Nduga | di Ngada | di Nganjuk | di Ngawi | di Nias | di Nias Barat | di Nias Selatan | di Nias Utara | di Nunukan | di Ogan Ilir | di Ogan Komering Ilir | di Ogan Komering Ulu | di Ogan Komering Ulu Selatan | di Ogan Komering Ulu Timur | di Pacitan | di Padang Lawas | di Padang Lawas Utara | di Padang Pariaman | di Pakpak Bharat | di Pamekasan | di Pandeglang | di Pangandaran | di Pangkajene dan Kepulauan | di Paniai | di Parigi Moutong | di Pasaman | di Pasaman Barat | di Paser | di Pasuruan | di Pati | di Pegunungan Arfak | di Pegunungan Bintang | di Pekalongan | di Pelalawan | di Pemalang | di Penajam Paser Utara | di Penukal Abab Lematang Ilir | di Pesawaran | di Pesisir Barat | di Pesisir Selatan | di Pidie | di Pidie Jaya | di Pinrang | di Pohuwato | di Polewali Mandar | di Ponorogo | di Poso | di Pringsewu | di Probolinggo | di Pulang Pisau | di Pulau Morotai | di Pulau Taliabu | di Puncak | di Puncak Jaya | di Purbalingga | di Purwakarta | di Purworejo | di Raja Ampat | di Rejang Lebong | di Rembang | di Rokan Hilir | di Rokan Hulu | di Rote Ndao | di Sabu Raijua | di Sambas | di Samosir | di Sampang | di Sanggau | di Sarmi | di Sarolangun | di Sekadau | di Seluma | di Semarang | di Seram Bagian Barat | di Seram Bagian Timur | di Serang | di Serdang Bedagai | di Seruyan | di Siak | di Sidenreng Rappang | di Sidoarjo | di Sigi | di Sijunjung | di Sikka | di Simalungun | di Simeulue | di Sinjai | di Sintang | di Situbondo | di Sleman | di Solok | di Solok Selatan | di Soppeng | di Sorong | di Sorong Selatan | di Sragen | di Subang | di Sukabumi | di Sukamara | di Sukoharjo | di Sumba Barat | di Sumba Barat Daya | di Sumba Tengah | di Sumba Timur | di Sumbawa | di Sumbawa Barat | di Sumedang | di Sumenep | di Supiori | di Tabalong | di Tabanan | di Takalar | di Tambrauw | di Tana Tidung | di Tana Toraja | di Tanah Bumbu | di Tanah Datar | di Tanah Laut | di Tangerang | di Tanggamus | di Tanjung Jabung Barat | di Tanjung Jabung Timur | di Tapanuli Selatan | di Tapanuli Tengah | di Tapanuli Utara | di Tapin | di Tasikmalaya | di Tebo | di Tegal | di Teluk Bintuni | di Teluk Wondama | di Temanggung | di Timor Tengah Selatan | di Timor Tengah Utara | di Toba Samosir | di Tojo Una-Una | di Tolikara | di Toli-Toli | di Toraja Utara | di Trenggalek | di Tuban | di Tulang Bawang | di Tulang Bawang Barat | di Tulungagung | di Wajo | di Wakatobi | di Waropen | di Way Kanan | di Wonogiri | di Wonosobo | di Yahukimo | di Yalimo | di Bali | di Banten | di Bengkulu | di Daerah Istimewa Yogyakarta | di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta | di Gorontalo | di Jakarta Barat | di Jakarta Pusat | di Jakarta Selatan | di Jakarta Timur | di Jakarta Utara | di Jambi | di Jawa Barat (JABAR) | di Jawa Tengah (JATENG) | di Jawa Timur (JATIM) | di Kalimantan Barat (KALBAR) | di Kalimantan Selatan (KALSEL) | di Kalimantan Tengah (KALTENG) | di Kalimantan Timur (KALTIM) | di Kalimantan Utara (KALTARA) | di Kepulauan Bangka Belitung | di Kepulauan Riau (KEPRI) | di Kota Ambon | di Kota Balikpapan | di Kota Banda Aceh | di Kota Bandar Lampung | di Kota Bandung | di Kota Banjar | di Kota Banjarbaru | di Kota Banjarmasin | di Kota Batam | di Kota Batu | di Kota Bau-Bau | di Kota Bekasi | di Kota Bima | di Kota Binjai | di Kota Bitung | di Kota Blitar | di Kota Bogor | di Kota Bontang | di Kota Bukittinggi | di Kota Cilegon | di Kota Cimahi | di Kota Cirebon | di Kota Depok | di Kota Dumai | di Kota Gunungsitoli | di Kota Jambi | di Kota Kediri | di Kota Kendari | di Kota Kotamobagu | di Kota Langsa | di Kota Lhokseumawe | di Kota Lubuklinggau | di Kota Madiun | di Kota Magelang | di Kota Makassar | di Kota Malang | di Kota Manado | di Kota Mataram | di Kota Medan | di Kota Metro | di Kota Mojokerto | di Kota Padang | di Kota Padangpanjang | di Kota Padangsidempuan | di Kota Pagar Alam | di Kota Palembang | di Kota Palopo | di Kota Parepare | di Kota Pariaman | di Kota Pasuruan | di Kota Payakumbuh | di Kota Pekalongan | di Kota Pekanbaru | di Kota Pematangsiantar | di Kota Pontianak | di Kota Prabumulih | di Kota Probolinggo | di Kota Sabang | di Kota Salatiga | di Kota Samarinda | di Kota Sawahlunto | di Kota Semarang | di Kota Serang | di Kota Sibolga | di Kota Singkawang | di Kota Solok | di Kota Subulussalam | di Kota Sukabumi | di Kota Sungai Penuh | di Kota Surabaya | di Kota Surakarta | di Kota Tangerang | di Kota Tangerang Selatan | di Kota Tanjung Pinang | di Kota Tanjungbalai | di Kota Tasikmalaya | di Kota Tebing Tinggi | di Kota Tegal | di Kota Ternate | di Kota Tidore Kepulauan | di Kota Tomohon | di Kota Tual | di Lampung | di Maluku Utara | di Maluku | di Nusa Tenggara Barat (NTB) | di Nusa Tenggara Timur (NTT) | di Papua Barat | di Papua | di Riau | di Sulawesi Barat (SULBAR) | di Sulawesi Selatan (SULSEL) | di Sulawesi Tengah (SULTENG) | di Sulawesi Tenggara (SULTRA) | di Sulawesi Utara (SULUT) | di Sumatera Barat (SUMBAR) | di Sumatera Selatan (SUMSEL) | di Sumatera Utara (SUMUT)