18 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

18 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan –  Halo teman-teman semuanya, pada artikel manfaat buah kali ini, saya ingin berbagi tentang; Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh Manusia.

Apel merupakan salah satu buah yang begitu enak untuk dinikmati. Selain enak untuk di nikmati, buah apel juga memiliki begitu banyak manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia.

Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, dalam hal ini yang berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit, buah apel juga berguna bagi teman-teman semua yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan.

Manfaat Apel Untuk Kesehatan

Manfaat apel untuk kesehatan sangat banyak sekali dan mungkin kita tidak pernah memikirkan bahwa ada begitu banyak manfaatnya. Berikut ini kita akan bahas satu per satu manfaat buah apel untuk kesehatan.

1). Manfaat Buah Apel Untuk Membantu kerja usus halus

Saat kita makan makanan usus akan bekerja keras untuk melakukan pencernaan, dan itu artinya juga tidak terlepas dari usus halus. Usus halus akan bekerja untuk proses pengambilan nutrisi. Oleh sebab itu pencernaan kita harus terjaga dengan baik.

Dengan mengkonsumsi apel secara teratur maka akan mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan yang terjadi pada usus, sehingga usus halus akan terjaga dengan baik.

2). Manfaat Buah Apel Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan salah satu penyebab terjadinya begitu banyak penyakit, terlebih lagi bagi teman-teman semua yang berbadan gemuk pasti memiliki kolesterol jahat (LDL) yang tinggi.

Mulailah membiasakan diri untuk mengkonsumsi apel setiap hari, karena akan sangat berguna untuk melawan kolesterol. Serat larut yang ditemukan di dalam apel mampu mengikat lemak dalam usus, sehingga akan mampu berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol.

3). Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Jantung

Jantung tentu harus memiliki aliraan darah yang cukup dalam proses kerjanya. Apabila terjadi penumpukan plak pada arteri akibat dari kolesterol, maka daya kerja jantung akan terhambat. Dengan mengkonsumsi apel maka, fenolik, senyawa yang ditemukan dalam kulit apel akan mampu mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri.

Kalau kita memiliki tubuh yang agak gemuk, dan tidak memperhatikan akan hal ini, maka ketika plak terbentuk di dalam arteri maka ia akan mengurangi aliran darah ke jantung. Hal inilah yang mengarah kepada terjadinya penyakit jantung koroner. Dengan mengkonsumsi apel secara teratur maka, plak yang bertumpuk tersebut dapat dibersihkan dengan bantuan serat larut yang ada pada apel.

4). Manfaat Buah Apel Untuk Gangguan Pernapasan

Anak-nak yang mengkonsumsi jus apel secara rutin akan sangat bermanfaat. Sebab dapat menekan resiko penyakit pernapasan. Hal ini diungkapkan berdasarkan sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini. Bagi ibu hamil mengkonsumsi apel secara teratur juga akan sangat baik dan efektif untuk menekan gangguan pada pernafasan anak didalam kandungannya.

5). Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Otak

penyakit Alzheimer, atau gangguan pada otak dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah apel secara rutin. Hal ini disebabkan karena buah Apel bermanfaat untuk melindungi sel-sel neuron. Dengan demikian dapat mencegah stres oksidatif yang disebabkan oleh neurotoksisitas, serta memiliki peran penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegenerative.

6). Manfaat Buah Apel Untuk Mencegah Parkinson

Penyakit parkinson adalah salah satu penyakit yang ditandai dengan gangguan dalam memproduksi dopamin untuk sel-sel otak. Dari hasil peneliatian menunjukan bahwa, setiap orang yang makan buah-buahan dan makanan berserat tinggi lainnya akan sangat bermanfaat dalam perlindungan terhadap penyakit Parkinson.

Oleh sebab itu mengkonsumsi buah apel secara teratur juga akan sangat baik untuk melindungi sel-sel saraf otak. Apel juga sangat baik untuk menjadi antioksidan yang berfungsi melawan berbagai jenis radikal bebas.

7). Manfaat Buah Apel Untuk Menyehatkan rongga mulut dan gigi

Manfaat lain dari mengkonsumsi buah apel secara teratur adalah sangat bermanfaat untuk kesehatan mulut dan gigi. Dengan mengkonsumsi apel secara langsung dan kemudian mengunyahnya akan memberi pengaruh dalam merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi dengan mengkonsumsi apel dan mengunyahnya maka zat tanin yang terkandung dalam apel, akan membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.

8). Manfaat Buah Apel Untuk Perlindungan Tulang

Buah apel memiliki kandungan flavonoid (phloridzin). Kandungan ini sangat bermanfaat untuk mengurangi masalah osteoporosis, terutama pada kaum wanita pasca monopouse.

Kandungan lain yang juga terdapat dalam buah apel, seperti kandungan boron juga memiliki fungsi memperkuat tulang pada tubuh agar tulang tidak akan mudah keropos. Dan hal ini juga akan sangat baik untuk pencegahan timbulnya gejala penyakit rematik.

9). Manfaat Buah Apel Untuk Mengontrol gula darah

Buah apel bila dikonsumsi secara teratur maka sangat baik bagi orang-orang yang mempunyai riwayat genetik terserang penyakit diabetes, agar tidak bertambah dan menjadi lebih serius. Hal ini karena Galacturonic acid yang disuplai oleh apel bermanfaat untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin.

10). Manfaat Buah Apel Untuk Mencegah Dan Mengobati Kanker

Buah apel juga mengandung senyawa triterpenoids yang terdapat pada kulit apel, senyawa ini yang di identifikasi dalam sebuah penelitian Cornell University. Dari penelitian tersebut diketahui senyawa triterpenoids ini mampu menghambat sel kanker yang dapat menimbulkan gejala kanker seperti, kanker payudara, kanker usus besar, maupun kenker lever.

Di dalam buah apel juga terkandung sejumlah zat yang dapat membantu mengurangi risiko kanker, termasuk aktivitas antimutagenik, aktivitas antioksidan, mekanisme anti-inflamasi, antiproliferatif dan proses apoptosis-inducing, inilah yang diterbitkan pada jurnal Planta Medica.

11). Manfaat Buah Apel Untuk Mencegah Batu Empedu

Terbentuknya batu empedu merupakan akibat dari begitu banyaknya kolesterol dalam empedu sehingga ia cenderung mengeras. Hal ini akan menyebabkan efek jangka pendek yang memungkinkan akan terjadi obesitas.

Oleh sebab itu untuk mencegah batu empedu, maka para dokter selalu menyarankan diet tinggi serat agar supaya dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Dalam buah apel terkandung serat yang tinggi. Dan itulah sebabnya untuk mencegah batu empedu ini maka mulailah mengkonsumsi apel secara rutin, karena akan sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

12). Manfaat Buah Apel Untuk Mengatasi Diare Dan Sembelit

Bagi orang-orang yang kekurangan serat maka akan selalu bermasalah bengan (bab) atau sebaliknya tidak bisa berhenti (diare). Serat yang tinggi yang terkandung dalam buah apel dapat membantu mengatasi kedua masalah tersebut, meskipun masing-masing masalah terlihat bertolak belakang.

Serat yang baik mampu menarik air keluar dari usus untuk menjaga komponen di dalamnya serta bergerak sepanjang hari untuk mendukung sembelit. Serat ini juga dapat menyerap kelebihan air dari kotoran yang artinya dapat membantu dalam proses diare.

13). Manfaat Buah Apel Untuk Detoksifikasi Hati

Di zaman yang semakin maju ini, seringkali tanpa kita sadari apa yang kita konsumsi setiap hari banyak terdapat kandungan-kandungan “racun” yang tidak baik untuk kesehatan tubuh, baik itu yang dikonsumsi lewat makanan maupun minuman.

Oleh sebab itu untuk mengeluarkan racun tersebut dari hati maka harus melalui poses Detoksifikasi yang merupakan satu fungsi untuk mengeluarkan racun atau membuang dari hati.

Fungsi hati sendiri bertanggung jawab untuk membersihkan racun ini dari dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah apel secara teratur maka kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah apel, dapat membantu mendetoksifikasi hati dari berbagai zat atau racun dalam tubuh.

14). Manfaat Buah Apel Untuk Mencegah Katarak

Dalam sebuah studi jangka panjang yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa, orang-orang yang membiasakan diri untuk mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan antioksidan seperti apel akan sangat baik, karena dipercaya 10-15 % persen lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan katarak.

15). Manfaat Buah Apel Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pada sebuah penelitian terbaru, ditemukan bahwa didalam apel merah terkandung antioksidan yang disebut quercetin. Kandungan quercetin ini dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini terutama ketika pikiran sedang dalam keadaan stres.

16). Manfaat Buah Apel Untuk Mencegah wasir

Wasir adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh terjadinya urat bengkak di area anal, dan meskipun tidak berdampak pada kematian, namun penyakit wasir yang berhubungan dengan pembuluh darah ini akan terasa sangat menyakitkan. Biasanya terjadinya wasir umumnya akibat dari terlalu banyaknya tekanan yang terjadi di daerah panggul dan dubur.

Mengkonsumsi apel yang mengandung serat yang tinggi tentu dapat mengurangi mengejan terlalu ‘ekstrim’ saat melakukan (bab), dan dengan demikian akan membantu meringankan wasir.

Manfaat Buah Apel Untuk Kecantikan

17). Manfaat Buah Apel Untuk Menjalankan Program Diet

Manfaat dari mengkonsumsi buah apel secara teratur, bukan saja untuk menangkal berbagai penyakit, akan tetapi sangat berguna juga bagi orang-orang yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan.

Apel juga saat ini sangat terkenal karena buah ini juga diproduksi menjadi cuka. Pasti kita sudah sangat sering mendengar yang namanya cuka apel.

Saat ini begitu banyak orang yang memilih untuk mengkonsumsi cuka apel karena manfaatnya yang sangat baik untuk mengatasi hipertensi, maupun penyakit lainnya.

18). Manfaat Buah Apel Untuk Diet

Mengkonsumsi buah apel akan sangat bermanfaat dalam menjalankan program diet. Pertanyaannya adalah; Bagaimana apel dapat membantu diet harian anda agar sukses ?. Buah Apel yang mengandung serat yang sangat tinggi akan membuat rasa kenyang lebih lama pada lambung kita. Hal ini hampir sama dengan manfaat beras merah.

Hal ini akan sangat membantu agar asupan makanan atau nafsu makan makanan yang berkalori tinggi dapat kita minimalisir.

Biasanya ketika lambung telah terdapat glukosa, maka lambung merasakan lapar dan memerintahkan otak untuk mencari makanan, dan setelah makan rasa lapar otomatis akan hilang.

Disinilah peran serat apel akan bertahan lebih lama dilambung dan membuat rasa kenyang lebih lama pada lambung, sehingga lambung tidak akan cepat merasa lapar.

Buah apel sendiri tidak memiliki kandungan lemak dan kaya serat yang tinggi, oleh sebab itu akan aman dan sangat baik dalam menjalankan program diet.

Ok teman-teman semua, itulah manfaat 18 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan , yang bisa diterapkan dalam kehidupan kita setiap hari. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman semuanya jangan lupa share yah.

Leave a Reply


www.latahza.com adalah situs informasi manfaat penting buah , sayur , daun , tumbuhan ,bagi kesehatan . kami akan memberikan informasi diberbagai kota Seperti di Aceh Barat | di Aceh Barat Daya | di Aceh Besar | di Aceh Jaya | di Aceh Selatan | di Aceh Singkil | di Aceh Tamiang | di Aceh Tengah | di Aceh Tenggara | di Aceh Timur | di Aceh Utara | di Agam | di Alor | di Asahan | di Asmat | di Badung | di Balangan | di Bandung | di Bandung Barat | di Banggai | di Banggai Kepulauan | di Banggai Laut | di Bangka | di Bangka Barat | di Bangka Selatan | di Bangka Tengah | di Bangkalan | di Bangli | di Banjar | di Banjarnegara | di Bantaeng | di Bantul | di Banyuasin | di Banyumas | di Banyuwangi | di Barito Kuala | di Barito Selatan | di Barito Timur | di Barito Utara | di Barru | di Batang | di Batanghari | di Batubara | di Bekasi | di Belitung | di Belitung Timur | di Belu | di Bener Meriah | di Bengkalis | di Bengkayang | di Bengkulu Selatan | di Bengkulu Tengah | di Bengkulu Utara | di Berau | di Biak Numfor | di Bima | di Bintan | di Bireuen | di Blitar | di Blora | di Boalemo | di Bogor | di Bojonegoro | di Bolaang Mongondow | di Bolaang Mongondow Selatan | di Bolaang Mongondow Timur | di Bolaang Mongondow Utara | di Bombana | di Bondowoso | di Bone | di Bone Bolango | di Boven Digoel | di Boyolali | di Brebes | di Buleleng | di Bulukumba | di Bulungan | di Bungo | di Buol | di Buru | di Buru Selatan | di Buton | di Buton Selatan | di Buton Tengah | di Buton Utara | di Ciamis | di Cianjur | di Cilacap | di Cirebon | di Dairi | di Deiyai | di Deli Serdang | di Demak | di Dharmasraya | di Dogiyai | di Dompu | di Donggala | di Empat Lawang | di Ende | di Enrekang | di Fakfak | di Flores Timur | di Garut | di Gayo Lues | di Gianyar | di Gorontalo | di Gorontalo Utara | di Gowa | di Gresik | di Grobogan | di Gunung Mas | di Gunungkidul | di Halmahera Barat | di Halmahera Selatan | di Halmahera Tengah | di Halmahera Timur | di Halmahera Utara | di Hulu Sungai Selatan | di Hulu Sungai Tengah | di Hulu Sungai Utara | di Humbang Hasundutan | di Indragiri Hilir | di Indragiri Hulu | di Indramayu | di Intan Jaya | di Jayapura | di Jayawijaya | di Jember | di Jembrana | di Jeneponto | di Jepara | di Jombang | di Kaimana | di Kampar | di Kapuas | di Kapuas Hulu | di Karanganyar | di Karangasem | di Karawang | di Karimun | di Karo | di Katingan | di Kaur | di Kayong Utara | di Kebumen | di Kediri | di Keerom | di Kendal | di Kepahiang | di Kepulauan Anambas | di Kepulauan Aru | di Kepulauan Mentawai | di Kepulauan Meranti | di Kepulauan Sangihe | di Kepulauan Selayar | di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro | di Kepulauan Sula | di Kepulauan Talaud | di Kepulauan Yapen | di Kerinci | di Ketapang | di Klaten | di Klungkung | di Kolaka | di Kolaka Timur | di Kolaka Utara | di Konawe | di Konawe Kepulauan | di Konawe Selatan | di Konawe Utara | di Kotabaru | di Kotawaringin Barat | di Kotawaringin Timur | di Kuantan Singingi | di Kubu Raya | di Kudus | di Kulon Progo | di Kuningan | di Kupang | di Kutai Barat | di Kutai Kartanegara | di Kutai Timur | di Labuhanbatu | di Labuhanbatu Selatan | di Labuhanbatu Utara | di Lahat | di Lamandau | di Lamongan | di Lampung Barat | di Lampung Selatan | di Lampung Tengah | di Lampung Timur | di Lampung Utara | di Landak | di Langkat | di Lanny Jaya | di Lebak | di Lebong | di Lembata | di Lima Puluh Kota | di Lingga | di Lombok Barat | di Lombok Tengah | di Lombok Timur | di Lombok Utara | di Lumajang | di Luwu | di Luwu Timur | di Luwu Utara | di Madiun | di Magelang | di Magetan | di Mahakam Ulu | di Majalengka | di Majene | di Malaka | di Malang | di Malinau | di Maluku Barat Daya | di Maluku Tengah | di Maluku Tenggara | di Maluku Tenggara Barat | di Mamasa | di Mamberamo Raya | di Mamberamo Tengah | di Mamuju | di Mamuju Tengah | di Mamuju Utara | di Mandailing Natal | di Manggarai | di Manggarai Barat | di Manggarai Timur | di Manokwari | di Manokwari Selatan | di Mappi | di Maros | di Maybrat | di Melawi | di Mempawah | di Merangin | di Merauke | di Mesuji | di Mimika | di Minahasa | di Minahasa Selatan | di Minahasa Tenggara | di Minahasa Utara | di Mojokerto | di Morowali | di Morowali Utara | di Muara Enim | di Muaro Jambi | di Mukomuko | di Muna | di Muna Barat | di Murung Raya | di Musi Banyuasin | di Musi Rawas | di Musi Rawas Utara | di Nabire | di Nagan Raya | di Nagekeo | di Natuna | di Nduga | di Ngada | di Nganjuk | di Ngawi | di Nias | di Nias Barat | di Nias Selatan | di Nias Utara | di Nunukan | di Ogan Ilir | di Ogan Komering Ilir | di Ogan Komering Ulu | di Ogan Komering Ulu Selatan | di Ogan Komering Ulu Timur | di Pacitan | di Padang Lawas | di Padang Lawas Utara | di Padang Pariaman | di Pakpak Bharat | di Pamekasan | di Pandeglang | di Pangandaran | di Pangkajene dan Kepulauan | di Paniai | di Parigi Moutong | di Pasaman | di Pasaman Barat | di Paser | di Pasuruan | di Pati | di Pegunungan Arfak | di Pegunungan Bintang | di Pekalongan | di Pelalawan | di Pemalang | di Penajam Paser Utara | di Penukal Abab Lematang Ilir | di Pesawaran | di Pesisir Barat | di Pesisir Selatan | di Pidie | di Pidie Jaya | di Pinrang | di Pohuwato | di Polewali Mandar | di Ponorogo | di Poso | di Pringsewu | di Probolinggo | di Pulang Pisau | di Pulau Morotai | di Pulau Taliabu | di Puncak | di Puncak Jaya | di Purbalingga | di Purwakarta | di Purworejo | di Raja Ampat | di Rejang Lebong | di Rembang | di Rokan Hilir | di Rokan Hulu | di Rote Ndao | di Sabu Raijua | di Sambas | di Samosir | di Sampang | di Sanggau | di Sarmi | di Sarolangun | di Sekadau | di Seluma | di Semarang | di Seram Bagian Barat | di Seram Bagian Timur | di Serang | di Serdang Bedagai | di Seruyan | di Siak | di Sidenreng Rappang | di Sidoarjo | di Sigi | di Sijunjung | di Sikka | di Simalungun | di Simeulue | di Sinjai | di Sintang | di Situbondo | di Sleman | di Solok | di Solok Selatan | di Soppeng | di Sorong | di Sorong Selatan | di Sragen | di Subang | di Sukabumi | di Sukamara | di Sukoharjo | di Sumba Barat | di Sumba Barat Daya | di Sumba Tengah | di Sumba Timur | di Sumbawa | di Sumbawa Barat | di Sumedang | di Sumenep | di Supiori | di Tabalong | di Tabanan | di Takalar | di Tambrauw | di Tana Tidung | di Tana Toraja | di Tanah Bumbu | di Tanah Datar | di Tanah Laut | di Tangerang | di Tanggamus | di Tanjung Jabung Barat | di Tanjung Jabung Timur | di Tapanuli Selatan | di Tapanuli Tengah | di Tapanuli Utara | di Tapin | di Tasikmalaya | di Tebo | di Tegal | di Teluk Bintuni | di Teluk Wondama | di Temanggung | di Timor Tengah Selatan | di Timor Tengah Utara | di Toba Samosir | di Tojo Una-Una | di Tolikara | di Toli-Toli | di Toraja Utara | di Trenggalek | di Tuban | di Tulang Bawang | di Tulang Bawang Barat | di Tulungagung | di Wajo | di Wakatobi | di Waropen | di Way Kanan | di Wonogiri | di Wonosobo | di Yahukimo | di Yalimo | di Bali | di Banten | di Bengkulu | di Daerah Istimewa Yogyakarta | di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta | di Gorontalo | di Jakarta Barat | di Jakarta Pusat | di Jakarta Selatan | di Jakarta Timur | di Jakarta Utara | di Jambi | di Jawa Barat (JABAR) | di Jawa Tengah (JATENG) | di Jawa Timur (JATIM) | di Kalimantan Barat (KALBAR) | di Kalimantan Selatan (KALSEL) | di Kalimantan Tengah (KALTENG) | di Kalimantan Timur (KALTIM) | di Kalimantan Utara (KALTARA) | di Kepulauan Bangka Belitung | di Kepulauan Riau (KEPRI) | di Kota Ambon | di Kota Balikpapan | di Kota Banda Aceh | di Kota Bandar Lampung | di Kota Bandung | di Kota Banjar | di Kota Banjarbaru | di Kota Banjarmasin | di Kota Batam | di Kota Batu | di Kota Bau-Bau | di Kota Bekasi | di Kota Bima | di Kota Binjai | di Kota Bitung | di Kota Blitar | di Kota Bogor | di Kota Bontang | di Kota Bukittinggi | di Kota Cilegon | di Kota Cimahi | di Kota Cirebon | di Kota Depok | di Kota Dumai | di Kota Gunungsitoli | di Kota Jambi | di Kota Kediri | di Kota Kendari | di Kota Kotamobagu | di Kota Langsa | di Kota Lhokseumawe | di Kota Lubuklinggau | di Kota Madiun | di Kota Magelang | di Kota Makassar | di Kota Malang | di Kota Manado | di Kota Mataram | di Kota Medan | di Kota Metro | di Kota Mojokerto | di Kota Padang | di Kota Padangpanjang | di Kota Padangsidempuan | di Kota Pagar Alam | di Kota Palembang | di Kota Palopo | di Kota Parepare | di Kota Pariaman | di Kota Pasuruan | di Kota Payakumbuh | di Kota Pekalongan | di Kota Pekanbaru | di Kota Pematangsiantar | di Kota Pontianak | di Kota Prabumulih | di Kota Probolinggo | di Kota Sabang | di Kota Salatiga | di Kota Samarinda | di Kota Sawahlunto | di Kota Semarang | di Kota Serang | di Kota Sibolga | di Kota Singkawang | di Kota Solok | di Kota Subulussalam | di Kota Sukabumi | di Kota Sungai Penuh | di Kota Surabaya | di Kota Surakarta | di Kota Tangerang | di Kota Tangerang Selatan | di Kota Tanjung Pinang | di Kota Tanjungbalai | di Kota Tasikmalaya | di Kota Tebing Tinggi | di Kota Tegal | di Kota Ternate | di Kota Tidore Kepulauan | di Kota Tomohon | di Kota Tual | di Lampung | di Maluku Utara | di Maluku | di Nusa Tenggara Barat (NTB) | di Nusa Tenggara Timur (NTT) | di Papua Barat | di Papua | di Riau | di Sulawesi Barat (SULBAR) | di Sulawesi Selatan (SULSEL) | di Sulawesi Tengah (SULTENG) | di Sulawesi Tenggara (SULTRA) | di Sulawesi Utara (SULUT) | di Sumatera Barat (SUMBAR) | di Sumatera Selatan (SUMSEL) | di Sumatera Utara (SUMUT)