5 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

5 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan– Halo semuanya pada postingan kali saya akan berbagi pengetahuan tentang Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan. Pohon pepaya ini merupakan salah satu pohon yang mudah ditanam, di halaman rumah yang kecil pun bisa ditanam, sebab pohon pepaya juga termasuk tanaman yang mudah tumbuh di daerah tropis termasuk indonesia. Untuk ulasan manfaat daun kali ini saya akan membahas tentang manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kita semua.

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Pohon pepaya yang sering kita temukan dimana-mana di lingkungan tempat tinggal kita, ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Manfaatnya mulai dari akar, bunga, buah, daun, semuanya memiliki nilai obat yang bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Manfaat Buah Pepaya untuk Diet

1.Rendah Kalori

buah papaya adalah buah yang rendah kalori sehingga buah ini bisa digunakan untuk melangsingkan tubuh. Mengonsumsi buah papaya sangatah baik untuk melangsingkan tubuh karena dalam 100 gram papaya hanya mengandung 39 kalori. Jadi tidak perlu takut gemuk mengonsumsi buah papaya ini. Makan buah papaya bisa menjaga kekenyangan yang sangat lama sehingga bisa menglangsingkan.

2.Kaya Akan Nutrisi

Buah papaya memiliki kandungan vitamin A,C,dan E yang dapat memberi perlindungan terhadap penyakit jantung. Selain itu buah papaya juga bermanfaat sebagai sumber makanan yang kaya akan nutrisi antioksidan,seperti karoten,vitamin C,B, dan flavonoid asam folat,asam pantotenat,mineral seperti kalium,magnesium,dan serat.  Karena nutrisi yang terdapat pada buah papaya ini dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit seperti penyakit kanker dalam usus besar,aterosklerosis,flu,dan infeksi. Mengkonsumsi buah papaya bisa digunakan untuk diet dan memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

3.Kaya Akan Serat dan Enzim

dengan mengkonsumsi buah papaya secara rutin,maka proses penyerapan karbohidrat didalam tubuh akan berlangsung dengan baik sehingga dapat mencegah naiknya kadar gula dalam darah. Dalam satu butir papaya berukuran kecil saja mengandung 11% asupan serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Serat yang terkandung dalam buah papaya tersebutlah yang dapat membantu proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat dengan baik.

Selain kaya akan serat,buah papaya juga mengandung enzim papain yang berfungsi untuk membantu penyrapan protein serta memperlancarakan proses pencernaan. Jika pencernaan berlangsung dengan baik maka tubuh akan memiliki stamina yang terjaga sehingga membantu untuk tetap bugar meskipun sedang melakukan diet.

4.Rendah lemak

Mengonsumsi buah papaya akan membantu memenuhi kebutuhan lemak dalam tubuh tanpa harus mengalami penimbunan lemak dalam tubuh yang berakibat pada naiknya berat badan. Dalam satu buah papaya berukuran sedang mengandung 0,41 gram lemak.

5.Air

air dan asupan cairan yang terdapat pada buah papaya dapat membantu proses konversi makanan menjadi energy dalam tubuh. Dalam satu buah papaya berukuran kecil menyediakan 138 gram/ 89% dari berat total papaya. Saat racun dalam  tubuh menumpuk dapat mengganggu normalnya proses metabolisme,hal ini lah yang dapat menjadi penyebab naiknya berat badan.

Saat ini kita akan mengulas secara khusus tentang manfaat daun pepaya Bagi kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Gizi Pada Daun Pepaya

Ada begitu banyak kandungan gizi yang terdapat pada daun pepaya diantaranya, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, serta Kalsium.

Jelas sekali kandungan vitamin yang terdapat pada daun pepaya ini sangat berguna sekali bagi kesehatan kardiovaskular, berguna sebagai antioksidan yang mencegah radikal bebas, serta mencegah terjadinya kanker.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan gizi dalam daun pepaya maka sekarang kita akan melihat satu per satu apa saja manfaat daun pepaya ini.

Mencegah Demam Berdarah

Kita tahu bahwa demam berdarah adalah salah satu penyakit yang mematikan bila tidak ditangani dengan benar. Hal ini disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan saat digigit oleh nyamuk Aedes. Fakta membuktikan bagi kita bahwa setiap tahun ada begitu banyak orang yang meninggal akibat terkena demam berdarah.

Sebagai langkah pertama bila Anda terkena demam berdarah maka Anda bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai obat yang bisa mencegah demam berdarah tersebut.

Caranya : Anda bisa merebus daun pepaya dan membuat daun pepaya menjadi jus dan diminum untuk mencegah penyakit demam berdarah. Memang daun pepaya ini rasanya berbeda dengan buahnya yang sering kita makan, karena buahnya begitu manis, namun daun pepaya ini rasanya sangat pahit.

Untuk mengurangi rasa pahit pada daun pepaya maka saat membuat daun pepaya menjadi jus, tambahlah sedikit madu supaya rasanya tidak terlalu pahit. Alangkah baiknya saat diminum dilakukan sekaligus langsung habis, karena kalau diminum sedikit demi sedikit maka rasa pahitnya akan membuat Anda tidak ingin melanjutkan untuk meminumnya.

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan tubuh

Meningkatkan Trombosit

Bila Anda mengalami trombosit yang rendah maka Anda dapat memanfaatkan daun pepaya untuk meningkatkan trombosit. Dari hasil penelitian diseluruh dunia menyimpulkan bahwa, daun pepaya sangat efektif untuk meningkatkan trombosit yang rendah secara cepat. Apalagi bagi Anda yang mengalami demam berdarah, sedang melakukan kemoterapi, atau yang kekurangan vitamin, dan masih banyak sekali.

Anti Malaria

Manfaat Daun pepaya juga sangat bermanfaat untuk mencegah malaria, karena telah ditemukan bahwa dun pepaya memiliki sifat anti malaria. Bagai Anda yang terkena malaria, apalagi yang berdomisili didaerah endemis tertentu, bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai obat anti malaria dengan cara membuat daun pepaya menjadi jus daun pepaya kemudian diminum untuk mencegah malaria.

Memiliki Sifat Melawan Kanker

Daun pepaya juga memiliki manfaat untuk mencegah kanker, karena dalam daun pepaya terkandung enzim tertentu yang memiliki sifat melawan kanker seperti kanker payudara, kanker hati, kanker leher rahim, kanker paru-paru, kanker pankreas, tanpa efek toksik pada tubuh.

Karena enzim yang terkandung dalam daun pepaya memiliki sifat melawan kanker, daun pepaya yang di eksatrak selalu direkomendasikan dalam melakukan dari kemoterapi.

Dengan mengatur T-sel, ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan respon sistem kekebalan terhadap penyakit kanker.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jus daun pepaya bila diminum akan memberi manfaat lain juga yang sangat luar biasa, karena kemampuannya dalam melawan infeksi virus, misalnya virus flu biasa. Karena kaya akan kandungan vitamin, mulai dari vitamin A, C dan E, dengan kandungan ini akan membuat adanya regenerasi sel darah putih dan trombosit secara alami. Dan vitamin yang terkandung dalam daun pepaya ini akan sangat baik untuk mendukung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mencegah Dan Mengobati Diabetes

Daun pepaya juga sangat baik untuk mencegah dan mengobati diabetes, karena mengandung senyawa yang mampu mengendalikan kadar gula dalam darah, sehingga keadaanya tetap stabil.

Walaupun daun pepaya memiliki manfaat yang dapat mengendalikan kadar gula, tetapi alangkah baiknya bila kita juga menjaga pola makan dengan benar, artinya kita juga harus tahu apa yang baik untuk dikonsumsi dan apa yang tidak baik, bila kita adalah penderita diabetes.

Membantu Pencernaan

Daun pepaya juga sangat berguna untuk membantu pencernaan, karena kandungan enzim papain dalam daun pepaya membantu dalam pencernaan protein, sehingga berguna untuk mengobati gangguan pencernaan.

Melancarkan Buang Air Besar

Daun pepaya juga kaya akan kandungan karpain, dan karpain inilah yang akan membunuh semua mikroorganisme dalam sistem pencernaan yang dianggap sebagai parasit dalam perut. Ini akan membuat pencernaan akan lebih baik sehingga memperlancar membuang air besar. Selain itu kandungan ini akan membuat kita terhindar dari diare maupun keluhan sembelit.

Menghilankan Nyeri Haid

Bagi kaum wanita daun pepaya sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri saat haid atau datang bulan.

Caranya : Anda rebus daun pepaya ditambah garam dan asam jawa, kemudian direbus sampai mendidih, biarkan mendidih hingga beberapa lama, setelah itu diangkat dan tunggu sampai agak hangat. Minumlah air rebusan daun pepaya tersebut dalam keadaan hangat supaya mempercepat reaksi dalam perut sehingga perlahan-lahan akan mengatasi rasa nyeri akibat haid.

Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Bila daun pepaya dijadikan jus maka, jusa daun pepaya tersebut mengandung lebih dari lima puluh bahan aktif, juga termasuk senyawa karpain yang akan menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti, parasit, cacing, jamur, bakteri, serta sel-sel kanker.

Itulah kenapa daun pepaya sering dijadikan sebagai obat herbal untuk menghilangkan cacing di usus karena mengandung tannin. Manfaatnya zat tannin ini akan berguna melindungi usus dari infeksi ulang pada lapisan dinding usus, sehingga membuat cacing di usus tidak dapat menempel. Itulah kenapa daun pepaya juga secara efektif akan menekan dan mencegah penyebab terjadinya sakit tifus.

Manfaat lain daun pepaya untuk kesehatan adalah, mencegah katarak, mengobati jerawat, membantu mengatasi pembesaran prostat, mencegah terjadinya penyakit emfisema yang berhubungan dengan paru-paru.

manfaat daun pepaya untuk kecantikan wajah

manfaat daun pepaya untuk kecantikan wajah

manfaat daun pepaya untuk kecantikan wajah

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, daun pepaya juga sangat bermanfaat untuk kecantikan, oleh sebab itu daun pepaya juga telah dimasukan kedalam produk-produk perawatan kulit, shampo, dan juga kondisioner.

Untuk kecantikan daun pepaya sangat berguna untuk pembersih kulit, juga dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe, atau bisa dijadikan sebagai kondisioner alami. baca juga : 12 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Sekian dulu ulasan artikel manfaat daun kali ini tentang,  5 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan . kami berharap artikel ini bisa bermanfaat untuk semua pengunjung setia blog ini , jangan lupa share ke teman ,saudara dan kerabat terdekat ya . salam sukses dan sehat selalu .

Leave a Reply


www.latahza.com adalah situs informasi manfaat penting buah , sayur , daun , tumbuhan ,bagi kesehatan . kami akan memberikan informasi diberbagai kota Seperti di Aceh Barat | di Aceh Barat Daya | di Aceh Besar | di Aceh Jaya | di Aceh Selatan | di Aceh Singkil | di Aceh Tamiang | di Aceh Tengah | di Aceh Tenggara | di Aceh Timur | di Aceh Utara | di Agam | di Alor | di Asahan | di Asmat | di Badung | di Balangan | di Bandung | di Bandung Barat | di Banggai | di Banggai Kepulauan | di Banggai Laut | di Bangka | di Bangka Barat | di Bangka Selatan | di Bangka Tengah | di Bangkalan | di Bangli | di Banjar | di Banjarnegara | di Bantaeng | di Bantul | di Banyuasin | di Banyumas | di Banyuwangi | di Barito Kuala | di Barito Selatan | di Barito Timur | di Barito Utara | di Barru | di Batang | di Batanghari | di Batubara | di Bekasi | di Belitung | di Belitung Timur | di Belu | di Bener Meriah | di Bengkalis | di Bengkayang | di Bengkulu Selatan | di Bengkulu Tengah | di Bengkulu Utara | di Berau | di Biak Numfor | di Bima | di Bintan | di Bireuen | di Blitar | di Blora | di Boalemo | di Bogor | di Bojonegoro | di Bolaang Mongondow | di Bolaang Mongondow Selatan | di Bolaang Mongondow Timur | di Bolaang Mongondow Utara | di Bombana | di Bondowoso | di Bone | di Bone Bolango | di Boven Digoel | di Boyolali | di Brebes | di Buleleng | di Bulukumba | di Bulungan | di Bungo | di Buol | di Buru | di Buru Selatan | di Buton | di Buton Selatan | di Buton Tengah | di Buton Utara | di Ciamis | di Cianjur | di Cilacap | di Cirebon | di Dairi | di Deiyai | di Deli Serdang | di Demak | di Dharmasraya | di Dogiyai | di Dompu | di Donggala | di Empat Lawang | di Ende | di Enrekang | di Fakfak | di Flores Timur | di Garut | di Gayo Lues | di Gianyar | di Gorontalo | di Gorontalo Utara | di Gowa | di Gresik | di Grobogan | di Gunung Mas | di Gunungkidul | di Halmahera Barat | di Halmahera Selatan | di Halmahera Tengah | di Halmahera Timur | di Halmahera Utara | di Hulu Sungai Selatan | di Hulu Sungai Tengah | di Hulu Sungai Utara | di Humbang Hasundutan | di Indragiri Hilir | di Indragiri Hulu | di Indramayu | di Intan Jaya | di Jayapura | di Jayawijaya | di Jember | di Jembrana | di Jeneponto | di Jepara | di Jombang | di Kaimana | di Kampar | di Kapuas | di Kapuas Hulu | di Karanganyar | di Karangasem | di Karawang | di Karimun | di Karo | di Katingan | di Kaur | di Kayong Utara | di Kebumen | di Kediri | di Keerom | di Kendal | di Kepahiang | di Kepulauan Anambas | di Kepulauan Aru | di Kepulauan Mentawai | di Kepulauan Meranti | di Kepulauan Sangihe | di Kepulauan Selayar | di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro | di Kepulauan Sula | di Kepulauan Talaud | di Kepulauan Yapen | di Kerinci | di Ketapang | di Klaten | di Klungkung | di Kolaka | di Kolaka Timur | di Kolaka Utara | di Konawe | di Konawe Kepulauan | di Konawe Selatan | di Konawe Utara | di Kotabaru | di Kotawaringin Barat | di Kotawaringin Timur | di Kuantan Singingi | di Kubu Raya | di Kudus | di Kulon Progo | di Kuningan | di Kupang | di Kutai Barat | di Kutai Kartanegara | di Kutai Timur | di Labuhanbatu | di Labuhanbatu Selatan | di Labuhanbatu Utara | di Lahat | di Lamandau | di Lamongan | di Lampung Barat | di Lampung Selatan | di Lampung Tengah | di Lampung Timur | di Lampung Utara | di Landak | di Langkat | di Lanny Jaya | di Lebak | di Lebong | di Lembata | di Lima Puluh Kota | di Lingga | di Lombok Barat | di Lombok Tengah | di Lombok Timur | di Lombok Utara | di Lumajang | di Luwu | di Luwu Timur | di Luwu Utara | di Madiun | di Magelang | di Magetan | di Mahakam Ulu | di Majalengka | di Majene | di Malaka | di Malang | di Malinau | di Maluku Barat Daya | di Maluku Tengah | di Maluku Tenggara | di Maluku Tenggara Barat | di Mamasa | di Mamberamo Raya | di Mamberamo Tengah | di Mamuju | di Mamuju Tengah | di Mamuju Utara | di Mandailing Natal | di Manggarai | di Manggarai Barat | di Manggarai Timur | di Manokwari | di Manokwari Selatan | di Mappi | di Maros | di Maybrat | di Melawi | di Mempawah | di Merangin | di Merauke | di Mesuji | di Mimika | di Minahasa | di Minahasa Selatan | di Minahasa Tenggara | di Minahasa Utara | di Mojokerto | di Morowali | di Morowali Utara | di Muara Enim | di Muaro Jambi | di Mukomuko | di Muna | di Muna Barat | di Murung Raya | di Musi Banyuasin | di Musi Rawas | di Musi Rawas Utara | di Nabire | di Nagan Raya | di Nagekeo | di Natuna | di Nduga | di Ngada | di Nganjuk | di Ngawi | di Nias | di Nias Barat | di Nias Selatan | di Nias Utara | di Nunukan | di Ogan Ilir | di Ogan Komering Ilir | di Ogan Komering Ulu | di Ogan Komering Ulu Selatan | di Ogan Komering Ulu Timur | di Pacitan | di Padang Lawas | di Padang Lawas Utara | di Padang Pariaman | di Pakpak Bharat | di Pamekasan | di Pandeglang | di Pangandaran | di Pangkajene dan Kepulauan | di Paniai | di Parigi Moutong | di Pasaman | di Pasaman Barat | di Paser | di Pasuruan | di Pati | di Pegunungan Arfak | di Pegunungan Bintang | di Pekalongan | di Pelalawan | di Pemalang | di Penajam Paser Utara | di Penukal Abab Lematang Ilir | di Pesawaran | di Pesisir Barat | di Pesisir Selatan | di Pidie | di Pidie Jaya | di Pinrang | di Pohuwato | di Polewali Mandar | di Ponorogo | di Poso | di Pringsewu | di Probolinggo | di Pulang Pisau | di Pulau Morotai | di Pulau Taliabu | di Puncak | di Puncak Jaya | di Purbalingga | di Purwakarta | di Purworejo | di Raja Ampat | di Rejang Lebong | di Rembang | di Rokan Hilir | di Rokan Hulu | di Rote Ndao | di Sabu Raijua | di Sambas | di Samosir | di Sampang | di Sanggau | di Sarmi | di Sarolangun | di Sekadau | di Seluma | di Semarang | di Seram Bagian Barat | di Seram Bagian Timur | di Serang | di Serdang Bedagai | di Seruyan | di Siak | di Sidenreng Rappang | di Sidoarjo | di Sigi | di Sijunjung | di Sikka | di Simalungun | di Simeulue | di Sinjai | di Sintang | di Situbondo | di Sleman | di Solok | di Solok Selatan | di Soppeng | di Sorong | di Sorong Selatan | di Sragen | di Subang | di Sukabumi | di Sukamara | di Sukoharjo | di Sumba Barat | di Sumba Barat Daya | di Sumba Tengah | di Sumba Timur | di Sumbawa | di Sumbawa Barat | di Sumedang | di Sumenep | di Supiori | di Tabalong | di Tabanan | di Takalar | di Tambrauw | di Tana Tidung | di Tana Toraja | di Tanah Bumbu | di Tanah Datar | di Tanah Laut | di Tangerang | di Tanggamus | di Tanjung Jabung Barat | di Tanjung Jabung Timur | di Tapanuli Selatan | di Tapanuli Tengah | di Tapanuli Utara | di Tapin | di Tasikmalaya | di Tebo | di Tegal | di Teluk Bintuni | di Teluk Wondama | di Temanggung | di Timor Tengah Selatan | di Timor Tengah Utara | di Toba Samosir | di Tojo Una-Una | di Tolikara | di Toli-Toli | di Toraja Utara | di Trenggalek | di Tuban | di Tulang Bawang | di Tulang Bawang Barat | di Tulungagung | di Wajo | di Wakatobi | di Waropen | di Way Kanan | di Wonogiri | di Wonosobo | di Yahukimo | di Yalimo | di Bali | di Banten | di Bengkulu | di Daerah Istimewa Yogyakarta | di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta | di Gorontalo | di Jakarta Barat | di Jakarta Pusat | di Jakarta Selatan | di Jakarta Timur | di Jakarta Utara | di Jambi | di Jawa Barat (JABAR) | di Jawa Tengah (JATENG) | di Jawa Timur (JATIM) | di Kalimantan Barat (KALBAR) | di Kalimantan Selatan (KALSEL) | di Kalimantan Tengah (KALTENG) | di Kalimantan Timur (KALTIM) | di Kalimantan Utara (KALTARA) | di Kepulauan Bangka Belitung | di Kepulauan Riau (KEPRI) | di Kota Ambon | di Kota Balikpapan | di Kota Banda Aceh | di Kota Bandar Lampung | di Kota Bandung | di Kota Banjar | di Kota Banjarbaru | di Kota Banjarmasin | di Kota Batam | di Kota Batu | di Kota Bau-Bau | di Kota Bekasi | di Kota Bima | di Kota Binjai | di Kota Bitung | di Kota Blitar | di Kota Bogor | di Kota Bontang | di Kota Bukittinggi | di Kota Cilegon | di Kota Cimahi | di Kota Cirebon | di Kota Depok | di Kota Dumai | di Kota Gunungsitoli | di Kota Jambi | di Kota Kediri | di Kota Kendari | di Kota Kotamobagu | di Kota Langsa | di Kota Lhokseumawe | di Kota Lubuklinggau | di Kota Madiun | di Kota Magelang | di Kota Makassar | di Kota Malang | di Kota Manado | di Kota Mataram | di Kota Medan | di Kota Metro | di Kota Mojokerto | di Kota Padang | di Kota Padangpanjang | di Kota Padangsidempuan | di Kota Pagar Alam | di Kota Palembang | di Kota Palopo | di Kota Parepare | di Kota Pariaman | di Kota Pasuruan | di Kota Payakumbuh | di Kota Pekalongan | di Kota Pekanbaru | di Kota Pematangsiantar | di Kota Pontianak | di Kota Prabumulih | di Kota Probolinggo | di Kota Sabang | di Kota Salatiga | di Kota Samarinda | di Kota Sawahlunto | di Kota Semarang | di Kota Serang | di Kota Sibolga | di Kota Singkawang | di Kota Solok | di Kota Subulussalam | di Kota Sukabumi | di Kota Sungai Penuh | di Kota Surabaya | di Kota Surakarta | di Kota Tangerang | di Kota Tangerang Selatan | di Kota Tanjung Pinang | di Kota Tanjungbalai | di Kota Tasikmalaya | di Kota Tebing Tinggi | di Kota Tegal | di Kota Ternate | di Kota Tidore Kepulauan | di Kota Tomohon | di Kota Tual | di Lampung | di Maluku Utara | di Maluku | di Nusa Tenggara Barat (NTB) | di Nusa Tenggara Timur (NTT) | di Papua Barat | di Papua | di Riau | di Sulawesi Barat (SULBAR) | di Sulawesi Selatan (SULSEL) | di Sulawesi Tengah (SULTENG) | di Sulawesi Tenggara (SULTRA) | di Sulawesi Utara (SULUT) | di Sumatera Barat (SUMBAR) | di Sumatera Selatan (SUMSEL) | di Sumatera Utara (SUMUT)