7 Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat

7 Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat – Daun sirsak yang sudah dikenal sebagai obat tradisional pengikat dan pembunuh virus penyebab kelenjar getah bening ini juga dapat menyembuhkan kelenjar getah bening. Cara mengolah daun sirsak untuk obat kelenjar getah bening pun tergolong mudah di praktekan di rumah.

Sebelum kita ke ulasan cara mengolah daun sirsak untuk penyakit kelenjar getah bening. marilah kita mengenal apa itu Kelenjar getah bening, penyebab kelenjar getah bening, gejalah kelenjar getah bening. Berikut ini kita simak penjelasanya di bawah ini:

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat

Kandungan daun sirsak sudah tidak di ragukan lagi sebagi pengikat virus penyakit dan dapat menekan peradangan ini memanglah sudah di akui oleh dunia medis dan di pakai oleh masyarakat dahulu sebagi obat penyembuh beberapa penyakit termasuk kelenjar getah bening. Sebelum kita ke penjelasan penyakit kelenjar getah bening, kita lihat isi kandungan dalam daun sirsak yang mampu menyembuhkan peradangan kelenjar getah bening:

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat

ISI KANDUNGAN DI DALAM DAUN SIRSAK
Lipid Isoquinoline lactones
Asam Gentisic Coreximine Javoricina
Asam stearat Atherospermine Murihexocina A dan C
Asam Lignoceric Anoniine Gigantetronemina
CLA Anonaine Muricoreacina
Annopentocinas A, B dan C
Annomutacina

Apa itu kelenjar getah bening?

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat

Kelenjar getah bening adalah dimana salah satu sistem di limfatik. Ketika pembuluh limfe, limfa dan timus dimana terjadi pembengkakan atau timbulnya penggumpalan sebesar kacang yang timbul karena berkumpulnya sel darah putih dan menjadi pembesaran tidak normal maka ini adalah lymphadenopathy atau bisa di sebut pembengkakan kelenjar getah bening.

Untuk kelenjar getah bening sendiri berada di rahang bawah, leher, ketiak dan pangkal paha. Pada dasarnya kelenjar getah bening yang berisi sel darah putih yang sangat di butuhkan oleh tubuh untuk melawan bakteri, virus dan infeksi yang menyerang kekebalan tubuh kita. Berikut ini adalah penyebab gejalah penyavkit kelenjar getah bening

Penyebab Kelenjar getah bening

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat

Terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening adalah di mana sistem limfatik merespon infeksi, bakter, virus yang menyerang tubuh sehingga terjadi produksi sel darah putih yang berlebihan dan

terjadi pengumpalan dan pembengkakan

Untuk kelenjar getah bening ini biasanya timbul di area kepala, belakang telinga, leher, dan pangkal paha. Penyebabnya biasa di karenakan infeksi telinga, pilek, amandel, abses pada gigi, dan juga infeksi kulit.

Selain pembengkakan kelenjar getah bening di sebabkan oleh infeksi ringan bisa juga di karenakan virus rubella, rematoid arthritis, campak dan penyakit lupus. Akan tetapi kasus pembengkakan seperti ini sangat jarang sekali.

Pembengkakan kelenjar getah bening di golongkan menjadi dua golongan yaitu golongan yang bisa sembuh dengan sendirinya atau golongan ringan yang kedua adalah kategori yang mematikan dimana ada infeksi darah yang adanya kanker yang menyebar di kelenjar getah bening.

Sebelum kanker kelenjar getah bening terjadi perkembangan manfaat daun sirsak untuk benjolan atau pembengkakan di leher bisa menjadi pencegah bahkan mengobati secara alami tanpa oprasi karena kandungan daun sirsak yang mampu mengikat sel kanker dan membunuhnya. Sebelum kita mengetahui bagaimana cara membuat obat kelenjar getah bening dari daun sirsak. mari kita lihat gejala dari penyakit kelenjar getah bening.

Gejala penyakit kelenjar getah bening

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat

Ada tanda dari beberapa gejala penyakit getah bening yang mesti di perhatikan untuk penanganan lebih lanjut untuk memastikan penyakit kelenjar:

  • Munculnya pembengkakan kelenjar getah bening tanpa penyebab yang jelas dan tubuh terasa lemah dan durasi bengkak kelenjar lebih dari dua minggu dan di sertai oleh membesarnya pembengkakan
  • Terjadi pengerasan di kelenjar getah bening pada saat di tekan. Untuk gejala ini memang harus di periksa dengan benar untuk memastikan ada pembengkakan di kelenjar.
  • Mengalami sakit pada tengorokan yang menyebabkan sesak napas dan kesulitan untuk menelan makanan.
  • Mengalami demam dalam jangka waktu yang lama
  • Mengalami penurunan drastis berat badan tanpa jelasnya penyebab
  • Meningkatnya produksi keringat di malam hari

Jika anda mengalami gejala diatas maka suda di pastikan anda menderita kelenjar getah bening. dan untuk menyembuhkan anda dapat mengikuti cara mengolah daun sirsak untuk kelenjar getah bening sebagai berikut dan juga penjelasan jenis jenis penyakit kelenjar getah bening:

Jenis Penyakit kelenjar getah bening dan ciri cirinya

Penyakit kelenjar getah bening di golongkan menjadi beberapa jenis berdasarkan ciri cirinya dan penyebabnya berikut ini adalah ulasan tentang jenis penyakit kelenjar dan cara mengolah daun sirsak untuk kelenjar getah bening:

1. Lymphadenopathy / Limfadenopati

Lymphadenopathy adalah pembesaran aau pembengkakan kelenjar getah bening yang di sebabkan oleh kanker atau infeksi lokal seperti virus mononukleosis atau HIV. dan dengan isi kandungan daun sirsak dapat menghancurkan infeksi virus dengan cara merebus daun sirsak yang benar dan minum sesuai aturan dosis maka akan terhidar dari efek samping yang di timbulkan oleh daun sirsak. Berikut ini adalah bagaimana cara mengolah daun sirsak untuk kelenjar getah bening:

Cara mengolah daun sirsak untuk kelenjar getah bening limfadenopati

Ada beberapa cara membuat obat dari daun sirsak untuk kelenjar getah bening limfadenopati dan hal hal yang perlu dipersiapkan untuk mengolah daun sirsak adalah:

  • Siapkan 7 – 15 lembar daun sirsak dikeringkan
  • Air 500 ml
  • Panci untuk merebus
  • Alat penyaring teh
  • Gelas belimbing

Langkah pertama cara mengolah daun sirsak untuk kelenjar getah bening limfadenopati adalah sobek sobeklah daun sirsak yang di keringkan. lalu masukan kedalam panci tuangkan air kemudian masaklah dengan api sedang hingga menyusut menjadi setengahnya 250 ml atau setakaran gelas belimbing. diamkan hingga hangat minum sampai habis dan konsumsilah sehari sekali sampai benjolan di leher anda kempes.

2.  Lymphedema

Lymphedema adalah dimana pembuluh limfatik terhenti mengalirkan cairan limfe sehingga tidak dapat mengalir ke vena subclavia menuju jantung dan mengakibatkan berkumpulnya cairan getah bening ke jaringan di dekatnya hal ini menyebabkan pembengkakan di area tersebut. Sirkulasi yang buruk ini terjadi biasanya pada siklus kehamilan kurangnya bergerak (imobilitas) dan obesitas. berikut ini cara mengolah daun sirsak untuk penyakit kelenjar getah bening lymphedema.

Cara mengolah daun sirsak untuk kelenjar getah bening lymphedema

7 Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat – Selain kandungan daun sirsak yang dapat membunuh sel kanker daun sirsak juga memiliki kandungan vitamin dan zinc yang baik untuk ibu hamil. jadi tidak masalah jika ibu hamil juga mengkonsumsi rebusan atau jamu daun sirsak untuk kelenjar getah bening. berikut ini manfaat daun dan cara mengolah daun sirsak untuk kelenjar getah bening lyphedema dna hal yang di butuhkan:

  • 3 – 5 lembar daun sirsak yang masih segar cuci bersih dengan air yang mengalir
  • Air 350 ml
  • Panci untuk rebusan daun sirsak
  • Gelas

Cara mengolah daun sirsak untuk kelenjar getah bening yang pertama – tama adalah sobek sobek lah daun sirsak masukan kedalam panci kemudian tuangkan air lalu rebuslah daun sirsak hingga airnya menyusut menjadi 150 ml atau setengah gelas belimbing. tunggu hingga dingin lalu minumlah sampai habis. konsumsilah sehari sekali sampai penyakit kelenjar getah bening anda sembuh.

3. Limfadenitis

Limfadenitis adalah pembengkakan yang terjadi di karenakan terbawanya bakteri di kelenjar getah bening dan menginfeksi area sekitarnya sehingga benjolan ini bisanya terasa nyeri dan untuk kondisi limfadenitis ini akan sembuh dengan sendirinya.

Hal ini sesuai kecepatan sistem kekebalan tubuh mengatasi infeksi jenis ini. namun daun sirsak dapat membantu mempercepat penyembuhan dengan cara mengolah daun sirsak untuk kelenjar getah bening limfadenitis ini anda bisa mengikutinya di bawah ini:

Cara mengolah daun sirsak untuk kelenjar getah bening limfadenitis

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat

Daun sirsak yang di kenal sebagi daunan penyembuh berbagai macam penyakit ini ternya juga mempunyai fungsi atau manfaatnya untuk meningkatkan immun tubuh. inilah cara mengolah daun sirsak untuk kelenjar getah bening limfadenitis:

  • Siapkan 3 – 5 lembar daun sirsak yang masih segar
  • Buah sirsak sepotong
  • Air secukupnya
  • Blender
  • 2 sdm Madu

Sebagai cara mengolah daun sirsak untuk kelenjar getah bening limfadenitis yang pertama adalah masukan daun sirsak dan semua bahan kedalam blender lalu hancurkan hingga menjadi jus daun sirsak dan konsumsilah habis. dan minum jus daun sirsak ini sehari sekali di pagi hari.

4. Limfangitis

Limfangitis adalah dimana bakteri streptokokus menginfeksi jaringan pembulu limfatik dan terjadi peradangan sehingga terjadi garis garis merah yang timbul di kulit jalur pembulu limfatik dan mengakibatkan demam mengigil.

Cara mengolah daun sirsak untuk kelenjar getah bening limfagitis

Daun sirsak yang memiliki kandungan anti bakterial juga mampu membunuh bakteri streptokokus denganc cara mengolah daun sirsak untuk kelenjar getah bening limfagitis dan hal hal yang di butuhkan adalah sebagi berikut:

  • 5 – 7 Daun sirsak yang segar kemudian cuci dengan air mengalir
  • Air 250 ml
  • Blender
  • 2 sdm madu

Langkah awal untuk cara mengolah daun sirsak untuk kalenjar getah bening limfagitis adalah masukan daun sirsak dan madu kedalam blender kemudian tuangkan air dan hancurkan semua bahan hingga menjadi bubur daun sirsak. tuangkan adonan daun sirsak kedalam gelas dan konsumsilah daun sirsak sehari sekali hingga penyakit kelenjar getah bening anda sembuh.

5. Lymphangiosarcoma

Lymphangiosarcoma adalah penyakit jenis kanker kelenjar getah bening yang menginvasi kelenjar getah bening hal ini biasa di sebut metasasi kelenjar getah bening dan penyebarannya di bedakan menjadi dua yaitu limffea hodgkin dan non-hodgkin.  berikut ini cara mengolah obat daun sirsak untuk kanker kelenjar getah bening:

Cara mengolah daun sirsak untuk kanker kelenjar getah bening

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat

Sistem kerja dari daun sirsak adalah mengikat iron dan menghancurkannya hal ini karena sel kanker memiliki kandungan iron yang sangat tinggi maka khasiat kandungan daun sirsak di akui sebagai pembunuh kanker. baiklah beriku ini yang perlu di persiapkan:

  • 7 – 5 daun sirsak yang berwarna hijau tua dan segar
  • Air 500 ml
  • Panci
  • Gelas

Pertama tama cara mengolah daun sirsak untuk obat kelenjar getah bening adalah sobek daun sirsak dan masukan kedalam panci lalu tuangkan air 500 ml kemudian rebuslah dengan api sedang hingga menyusut setengahnya. tuangkan kedalam gelas dan tunggu hingga hangat konsumsilah sehari sekali.

6. Lymphangiectasia

Lymphangiectasia adalah kelainan ganguan struktural di pembulu limfatik sehingga terjadi kacaunya sistem yang mengakibatkan carian getah bening teralir kebalik dan pembulu limfe menjadi berkembang membengkak besar jika berlangsung terus maka akan terjadi kebocoran. hal ini biasanya terjadi karena faktor genetik yang menyerang bayi dan anak anak sampai dewasa.

7. Immunodeficiency 

Immunodeficiency adalah dimana limfosit tidak berfungsi dengan baik hal ini menjadi pelemahan sistem kekebalan tubuh yang menyeluruh dan membuat tubuh mudah terserang infeksi kondisi ini akan membahayakan penderita karena dengan terkena penyakit ringan saja bisa menyebabkan kematian.

Immunodeficiency  ini di bagi menjadi dua golongan yaitu immunodeficiency premier yang biasanya dikarenakan faktor gen atau di wariskan oleh garis keturunan. dan yang kedua adalah immunodeficiency skunder biasanya karena penularan. penyakit ini di sebut sebagai Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Berikut ini adalah tips bagaimana cara mengolah daun sirsak untuk kelenjar getah bening

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan cara mengolah daun sirsak untuk kelenjar getah bening agar lebih mengoptimasikan manfaat dari daun sirsak ini. sebagai berikut:

7 Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat
  • Usahakan mencuci bersih daun sirsak dengan air yang mengalir
  • Jangan merebus daun sirsak berkali kali untuk air rebusan daun sirsak hanya di gunakan untuk sekali konsumsi
  • Pilihlah daun sirsak yang masih berwarna hijau tua dan segar
  • jangan merebus daun sirsak dalam jumlah besar

Demikanlah ulasan tentang 7 Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat mengobati bejolan di leher secara alami tanpa oprasi, manfaat makanan jamu pencegah penyakit tiroid. semoga bermanfaat dan selamat mencoba dirumah.

Leave a Reply


www.latahza.com adalah situs informasi manfaat penting buah , sayur , daun , tumbuhan ,bagi kesehatan . kami akan memberikan informasi diberbagai kota Seperti di Aceh Barat | di Aceh Barat Daya | di Aceh Besar | di Aceh Jaya | di Aceh Selatan | di Aceh Singkil | di Aceh Tamiang | di Aceh Tengah | di Aceh Tenggara | di Aceh Timur | di Aceh Utara | di Agam | di Alor | di Asahan | di Asmat | di Badung | di Balangan | di Bandung | di Bandung Barat | di Banggai | di Banggai Kepulauan | di Banggai Laut | di Bangka | di Bangka Barat | di Bangka Selatan | di Bangka Tengah | di Bangkalan | di Bangli | di Banjar | di Banjarnegara | di Bantaeng | di Bantul | di Banyuasin | di Banyumas | di Banyuwangi | di Barito Kuala | di Barito Selatan | di Barito Timur | di Barito Utara | di Barru | di Batang | di Batanghari | di Batubara | di Bekasi | di Belitung | di Belitung Timur | di Belu | di Bener Meriah | di Bengkalis | di Bengkayang | di Bengkulu Selatan | di Bengkulu Tengah | di Bengkulu Utara | di Berau | di Biak Numfor | di Bima | di Bintan | di Bireuen | di Blitar | di Blora | di Boalemo | di Bogor | di Bojonegoro | di Bolaang Mongondow | di Bolaang Mongondow Selatan | di Bolaang Mongondow Timur | di Bolaang Mongondow Utara | di Bombana | di Bondowoso | di Bone | di Bone Bolango | di Boven Digoel | di Boyolali | di Brebes | di Buleleng | di Bulukumba | di Bulungan | di Bungo | di Buol | di Buru | di Buru Selatan | di Buton | di Buton Selatan | di Buton Tengah | di Buton Utara | di Ciamis | di Cianjur | di Cilacap | di Cirebon | di Dairi | di Deiyai | di Deli Serdang | di Demak | di Dharmasraya | di Dogiyai | di Dompu | di Donggala | di Empat Lawang | di Ende | di Enrekang | di Fakfak | di Flores Timur | di Garut | di Gayo Lues | di Gianyar | di Gorontalo | di Gorontalo Utara | di Gowa | di Gresik | di Grobogan | di Gunung Mas | di Gunungkidul | di Halmahera Barat | di Halmahera Selatan | di Halmahera Tengah | di Halmahera Timur | di Halmahera Utara | di Hulu Sungai Selatan | di Hulu Sungai Tengah | di Hulu Sungai Utara | di Humbang Hasundutan | di Indragiri Hilir | di Indragiri Hulu | di Indramayu | di Intan Jaya | di Jayapura | di Jayawijaya | di Jember | di Jembrana | di Jeneponto | di Jepara | di Jombang | di Kaimana | di Kampar | di Kapuas | di Kapuas Hulu | di Karanganyar | di Karangasem | di Karawang | di Karimun | di Karo | di Katingan | di Kaur | di Kayong Utara | di Kebumen | di Kediri | di Keerom | di Kendal | di Kepahiang | di Kepulauan Anambas | di Kepulauan Aru | di Kepulauan Mentawai | di Kepulauan Meranti | di Kepulauan Sangihe | di Kepulauan Selayar | di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro | di Kepulauan Sula | di Kepulauan Talaud | di Kepulauan Yapen | di Kerinci | di Ketapang | di Klaten | di Klungkung | di Kolaka | di Kolaka Timur | di Kolaka Utara | di Konawe | di Konawe Kepulauan | di Konawe Selatan | di Konawe Utara | di Kotabaru | di Kotawaringin Barat | di Kotawaringin Timur | di Kuantan Singingi | di Kubu Raya | di Kudus | di Kulon Progo | di Kuningan | di Kupang | di Kutai Barat | di Kutai Kartanegara | di Kutai Timur | di Labuhanbatu | di Labuhanbatu Selatan | di Labuhanbatu Utara | di Lahat | di Lamandau | di Lamongan | di Lampung Barat | di Lampung Selatan | di Lampung Tengah | di Lampung Timur | di Lampung Utara | di Landak | di Langkat | di Lanny Jaya | di Lebak | di Lebong | di Lembata | di Lima Puluh Kota | di Lingga | di Lombok Barat | di Lombok Tengah | di Lombok Timur | di Lombok Utara | di Lumajang | di Luwu | di Luwu Timur | di Luwu Utara | di Madiun | di Magelang | di Magetan | di Mahakam Ulu | di Majalengka | di Majene | di Malaka | di Malang | di Malinau | di Maluku Barat Daya | di Maluku Tengah | di Maluku Tenggara | di Maluku Tenggara Barat | di Mamasa | di Mamberamo Raya | di Mamberamo Tengah | di Mamuju | di Mamuju Tengah | di Mamuju Utara | di Mandailing Natal | di Manggarai | di Manggarai Barat | di Manggarai Timur | di Manokwari | di Manokwari Selatan | di Mappi | di Maros | di Maybrat | di Melawi | di Mempawah | di Merangin | di Merauke | di Mesuji | di Mimika | di Minahasa | di Minahasa Selatan | di Minahasa Tenggara | di Minahasa Utara | di Mojokerto | di Morowali | di Morowali Utara | di Muara Enim | di Muaro Jambi | di Mukomuko | di Muna | di Muna Barat | di Murung Raya | di Musi Banyuasin | di Musi Rawas | di Musi Rawas Utara | di Nabire | di Nagan Raya | di Nagekeo | di Natuna | di Nduga | di Ngada | di Nganjuk | di Ngawi | di Nias | di Nias Barat | di Nias Selatan | di Nias Utara | di Nunukan | di Ogan Ilir | di Ogan Komering Ilir | di Ogan Komering Ulu | di Ogan Komering Ulu Selatan | di Ogan Komering Ulu Timur | di Pacitan | di Padang Lawas | di Padang Lawas Utara | di Padang Pariaman | di Pakpak Bharat | di Pamekasan | di Pandeglang | di Pangandaran | di Pangkajene dan Kepulauan | di Paniai | di Parigi Moutong | di Pasaman | di Pasaman Barat | di Paser | di Pasuruan | di Pati | di Pegunungan Arfak | di Pegunungan Bintang | di Pekalongan | di Pelalawan | di Pemalang | di Penajam Paser Utara | di Penukal Abab Lematang Ilir | di Pesawaran | di Pesisir Barat | di Pesisir Selatan | di Pidie | di Pidie Jaya | di Pinrang | di Pohuwato | di Polewali Mandar | di Ponorogo | di Poso | di Pringsewu | di Probolinggo | di Pulang Pisau | di Pulau Morotai | di Pulau Taliabu | di Puncak | di Puncak Jaya | di Purbalingga | di Purwakarta | di Purworejo | di Raja Ampat | di Rejang Lebong | di Rembang | di Rokan Hilir | di Rokan Hulu | di Rote Ndao | di Sabu Raijua | di Sambas | di Samosir | di Sampang | di Sanggau | di Sarmi | di Sarolangun | di Sekadau | di Seluma | di Semarang | di Seram Bagian Barat | di Seram Bagian Timur | di Serang | di Serdang Bedagai | di Seruyan | di Siak | di Sidenreng Rappang | di Sidoarjo | di Sigi | di Sijunjung | di Sikka | di Simalungun | di Simeulue | di Sinjai | di Sintang | di Situbondo | di Sleman | di Solok | di Solok Selatan | di Soppeng | di Sorong | di Sorong Selatan | di Sragen | di Subang | di Sukabumi | di Sukamara | di Sukoharjo | di Sumba Barat | di Sumba Barat Daya | di Sumba Tengah | di Sumba Timur | di Sumbawa | di Sumbawa Barat | di Sumedang | di Sumenep | di Supiori | di Tabalong | di Tabanan | di Takalar | di Tambrauw | di Tana Tidung | di Tana Toraja | di Tanah Bumbu | di Tanah Datar | di Tanah Laut | di Tangerang | di Tanggamus | di Tanjung Jabung Barat | di Tanjung Jabung Timur | di Tapanuli Selatan | di Tapanuli Tengah | di Tapanuli Utara | di Tapin | di Tasikmalaya | di Tebo | di Tegal | di Teluk Bintuni | di Teluk Wondama | di Temanggung | di Timor Tengah Selatan | di Timor Tengah Utara | di Toba Samosir | di Tojo Una-Una | di Tolikara | di Toli-Toli | di Toraja Utara | di Trenggalek | di Tuban | di Tulang Bawang | di Tulang Bawang Barat | di Tulungagung | di Wajo | di Wakatobi | di Waropen | di Way Kanan | di Wonogiri | di Wonosobo | di Yahukimo | di Yalimo | di Bali | di Banten | di Bengkulu | di Daerah Istimewa Yogyakarta | di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta | di Gorontalo | di Jakarta Barat | di Jakarta Pusat | di Jakarta Selatan | di Jakarta Timur | di Jakarta Utara | di Jambi | di Jawa Barat (JABAR) | di Jawa Tengah (JATENG) | di Jawa Timur (JATIM) | di Kalimantan Barat (KALBAR) | di Kalimantan Selatan (KALSEL) | di Kalimantan Tengah (KALTENG) | di Kalimantan Timur (KALTIM) | di Kalimantan Utara (KALTARA) | di Kepulauan Bangka Belitung | di Kepulauan Riau (KEPRI) | di Kota Ambon | di Kota Balikpapan | di Kota Banda Aceh | di Kota Bandar Lampung | di Kota Bandung | di Kota Banjar | di Kota Banjarbaru | di Kota Banjarmasin | di Kota Batam | di Kota Batu | di Kota Bau-Bau | di Kota Bekasi | di Kota Bima | di Kota Binjai | di Kota Bitung | di Kota Blitar | di Kota Bogor | di Kota Bontang | di Kota Bukittinggi | di Kota Cilegon | di Kota Cimahi | di Kota Cirebon | di Kota Depok | di Kota Dumai | di Kota Gunungsitoli | di Kota Jambi | di Kota Kediri | di Kota Kendari | di Kota Kotamobagu | di Kota Langsa | di Kota Lhokseumawe | di Kota Lubuklinggau | di Kota Madiun | di Kota Magelang | di Kota Makassar | di Kota Malang | di Kota Manado | di Kota Mataram | di Kota Medan | di Kota Metro | di Kota Mojokerto | di Kota Padang | di Kota Padangpanjang | di Kota Padangsidempuan | di Kota Pagar Alam | di Kota Palembang | di Kota Palopo | di Kota Parepare | di Kota Pariaman | di Kota Pasuruan | di Kota Payakumbuh | di Kota Pekalongan | di Kota Pekanbaru | di Kota Pematangsiantar | di Kota Pontianak | di Kota Prabumulih | di Kota Probolinggo | di Kota Sabang | di Kota Salatiga | di Kota Samarinda | di Kota Sawahlunto | di Kota Semarang | di Kota Serang | di Kota Sibolga | di Kota Singkawang | di Kota Solok | di Kota Subulussalam | di Kota Sukabumi | di Kota Sungai Penuh | di Kota Surabaya | di Kota Surakarta | di Kota Tangerang | di Kota Tangerang Selatan | di Kota Tanjung Pinang | di Kota Tanjungbalai | di Kota Tasikmalaya | di Kota Tebing Tinggi | di Kota Tegal | di Kota Ternate | di Kota Tidore Kepulauan | di Kota Tomohon | di Kota Tual | di Lampung | di Maluku Utara | di Maluku | di Nusa Tenggara Barat (NTB) | di Nusa Tenggara Timur (NTT) | di Papua Barat | di Papua | di Riau | di Sulawesi Barat (SULBAR) | di Sulawesi Selatan (SULSEL) | di Sulawesi Tengah (SULTENG) | di Sulawesi Tenggara (SULTRA) | di Sulawesi Utara (SULUT) | di Sumatera Barat (SUMBAR) | di Sumatera Selatan (SUMSEL) | di Sumatera Utara (SUMUT)